Logo Sulselsatu

Dorong Digitalisasi Pasar, BI Sulsel Launching Program Pasar dan Pusat Belanja SIAP QRIS

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Senin, 13 Desember 2021 17:50

BI Sulsel launching Program Pasar dan Pusat Pembelanjaan SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru (istimewa)
BI Sulsel launching Program Pasar dan Pusat Pembelanjaan SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru (istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSARBank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) bersama Dinas Perdagangan dan Perumda Pasar Makassar Raya launching piloting Program Pasar dan Pusat Belanja SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru Makassar pada, Senin, (13/12/2021).

Dalam launching piloting program SIAP QRIS, ada Pasar Kampung Baru dan 3 mal, yaitu Transmart, Mal Nipah dan Mal Panakukkang yang bergabung.

Program SIAP QRIS merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan terkait penggunaan QRIS baik offline dan online pada pasar dan pusat perbelanjaan.

Baca Juga : Natal dan Tahun Baru 2022 Tekan Inflasi Sulsel Sebesar 0,92 Persen pada Desember 2021

Langkah ini sebagai upaya mendukung program digitalisasi pasar rakyat, yang ditindaklajuti dengan launching piloting Program Pasar SIAP QRIS di pasar dan mal pada masing-masing daerah.

Sponsored by MGID

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Imana Karana menyerahkan secara simbolik Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana digitalisasi pasar kepada Pasar Kampung Baru Makassar.

Bantuan PSBI tersebut merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia untuk mewujudkan program digitalisasi pasar bekerja sama dengan pemerintah daerah, perbankan, pengelola pasar serta asosiasi pedagang untuk memfasilitasi pembayaran non tunai diantaranya menggunakan kanal pembayaran QRIS.

Baca Juga : Apresiasi Pelanggan, MaRI dan Nipah Bagi Voucer Belanja dan Berikan Berbagai Promo

Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperluas akseptasi pembayaran digital dan implementasi QRIS, termasuk di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan,” jelasnya, Senin, (13/12/2021).

Bank Indonesia mengapresiasi dukungan Walikota Makassar yang telah menerbitkan kebijakan berupa Surat Edaran No. 510/593/S.Edar/Disdag/XI/2021 tanggal 15 November 2021 perihal program SIAP QRIS di Wilayah Kota Makassar.

Untuk diketahui, Pasar Kampung Baru merupakan salah satu pasar di Makassar yang telah mengimplementasikan QRIS. Saat ini, telah lebih dari 80 pedagang pasar atau sebanyak 90 persen menerima pembayaran non tunai melalui QRIS.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...