Logo Sulselsatu

Pakai Deodoran Tapi Tetap Bau Badan, Ini Cara Alami yang Bisa Dicoba

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Selasa, 14 Desember 2021 17:29

Beberapa cara alami hilangkan bau badan (hallosehat)
Beberapa cara alami hilangkan bau badan (hallosehat)

SULSELSATU.comBau badan menjadi masalah yang bisa dialami setiap orang. Bahkan, tidak mudah untuk bisa menghilangkan masalah bau badan yang membuat orang lain tidak nyaman.

Saat ini banyak cara menghilangkan bau badan, salah satunya dengan memakai parfum atau deodoran. Namun, setelah sepanjang hari, kedua cara tersebut tidak akan bertahan lama.

Namum, ternyata masalah bau badan tidak sedap bisa diatasi dengan bahan-bahan alami, seperti sayuran dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan, tidak hanya dapat menjadi penghilang bau badan alami, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini bahan alami yang bisa menghilangkan bau badan melansir dari Kompas.

Sponsored by MGID

Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan bau badan:

1. Daun kemangi

Bahan alami untuk menghilangkan bau badan yang pertama adalah daun kemangi. Daun kemangi dapat menjadi penawar masalah bau badan karena memiliki kandungan senyawa antibakteri dan antiseptik.

Untuk mengatasi masalah bau badan, Anda bisa meminum rebusan daun kemangi secara rutin 2 kali sehari.

Selain untuk menghilangkan bau badan, tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai lalapan ini juga memiliki sejumlah khasiat yang baik kesehatan.

Kemangi kerap digunakan untuk mencegah risiko penyakit kanker dan diabetes, menjaga fungsi ginjal, mencegah risiko stroke, meredakan stres, serta menjaga kesehatan kulit.

2. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia yang sering dijadikan ramuan untuk pengobatan tradisional karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Temulawak memiliki kandungan saponin, flavonoid, kurkumin, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral ini yang juga bisa berfungsi sebagai penghilang bau badan alami.

Tak hanya itu, temulawak juga dapat memperlancar pencernaan, mengatasi penyakit sendi seperti osteoarthritis, mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit serta organ dalam tubuh.

3. Jahe

Jahe sudah dikenal memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Kandungan minyak atsiri, zingiberena, bisabolena, kurkumen, gingerol, dan felandren dalam jahe berperan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk bau badan.

Sebagai salah satu obat herbal yang populer, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, mencegah risiko penyakit jantung, mengatasi mual hingga mencegah kanker.

4. Sayuran hijau

Memakan banyak sayur-sayuran hijau diyakini dapat membantu mengatasi masalah bau badan tidak sedap. Hal itu karena kandungan klorofil yang banyak dimiliki oleh sayuran hijau.

Beberapa sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan aroma tubuh tidak sedap antara lain bayam, asparagus, sawi hijau, brokoli, dan kubis hijau.

5. Buah dan sayur berserat tinggi

Selain sayur-sayuran, mengonsumsi buah-buahan yang berserat tinggi juga dapat mengatasi masalah bau badan.

Buah yang berserat tinggi dapat membantu melancarkan proses metabolisme, dan pencernaan tubuh. Karena hal tersebut, aroma tidak sedap yang dihasilkan oleh keringat akibat proses pembakaran yang tidak sempurna, bisa dihilangkan.

Beberapa buah dan sayuran kaya serat yang bisa dikonsumsi antara lain tomat, apel, alpukat, pisang, dan wortel.

Selain dengan bahan-bahan alami, cara untuk mengatasi bau badan tidak sedap agar lebih optimal adalah melakukan tiga hal seperti berikut, yakni:

Rajin mandi (2-3 kali sehari)

Membiasakan mandi 2-3 kali sehari merupakan salah satu langkah yang paling mujarab untuk menghilangkan bau badan.

Selain itu, hal yang penting untuk diperhatikan adalah, ketika menyeka tubuh sehabis mandi, lakukanlah hingga benar-benar kering. Sebab, tubuh yang lembab dapat memicu pertumbuhan jamur penyebab bau badan.

Kurangi konsumsi makan makanan penyebab bau badan

Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan bau badan adalah daging merah, bawang bombay, alkohol, serta kafein.

Gunakan antiperspiran

Gunakan antiperspiran saat tidur. Hal ini membuat antiperspirant lebih maksimal bekerja saat tidur karena kita tidak sedang berkeringat.

Jika menggunakannya setelah mandi di pagi hari, maka antiperspirant akan larut dengan keringat sehingga membuat tubuh tidak dapat melawan keringat.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...