Logo Sulselsatu

Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Sulsel, Parepare Naik Peringkat Jadi Informatif

Andi Fardi
Andi Fardi

Rabu, 15 Desember 2021 15:39

Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Sulsel, Parepare Naik Peringkat Jadi Informatif

SULSELSATU.com, Makassar — Kota Parepare kembali mendapatkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Sulawesi Selatan tahun ini. Bahkan tahun ini Parepare naik satu tingkat dari tahun sebelumnya, yakni dari Menuju Informatif menjadi Informatif.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang hadir langsung menerima penghargaan dari Sekda Provinsi Sulsel Abd Hayat Gani dalam prosesi Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Sulawesi Selatan 2021 oleh Komisi Informasi Sulsel di The Rinra Hotel Makassar, Rabu, 15 Desember 2021.

Ada tiga kategori penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yakni pertama Informatif, kedua Menuju Informatif, dan ketiga Cukup informatif.

“Alhamdulillah, Parepare mendapatkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik kategori Informatif. Ini menunjukkan transparansi, komitmen, dan keseriusan Pemerintah Kota Parepare dalam melaksanakan amanah UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” kata Wali Kota Taufan Pawe.

Sponsored by MGID

Plt Kepala Dinas Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka mengungkapkan, Parepare pada anugerah tahun ini naik satu tingkat dari tahun sebelumnya dari Menuju Informatif menjadi Informatif. “Jadi ada tiga tingkatan kategori pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik ini pertama Informatif, kedua Menuju Informatif, dan ketiga Cukup informatif. Parepare berada pada kategori Informatif,” ungkap Hamka, sapaannya.

Pakar komunikasi publik asal Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr Muh Iqbal Sultan mengakui Pemerintah Kota Parepare adalah daerah terbaik di Sulsel dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

Iqbal Sultan menilai Parepare melakukan loncatan lebih awal dibanding daerah lain khususnya di Sulsel dalam melaksanakan amanah UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Salah satunya, Parepare daerah sangat aktif di Sulsel yang melakukan Uji Konsekuensi Informasi dan Dokumentasi Badan Publik.

Bahkan Parepare sudah lebih maju lagi, karena sudah memiliki Perda Keterbukaan Informasi Publik, dan sudah ada Perwali tentang proses permohonan untuk mendapatkan informasi tujuan tertentu.

“Jadi saya melihat keseriusan Pemda Parepare terhadap keterbukaan informasi publik. Loncatan lebih awal sudah siapkan dirinya jika ada pemohon yang menginginkan informasi tertentu kepada Badan Publik, dan kemudian, Lembaga Publik itu sudah siap. Menyatakan oke informasi ini terbuka, ini sudah dilakukan Uji Konsekuensi. Dan oh ini tertutup, sudah dilakukan Uji Konsekuensi,” tegas dosen ilmu komunikasi Unhas ini.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2021 ini adalah puncak pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik kepada tiga kategori Badan Publik yaitu Pemerintah Kabupaten/Kota, Organisasi Perangkat Daerah Dalam Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Pemerintah Desa.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...