Logo Sulselsatu

Ini Rekomendasi Masker dari Dokter Paru Jika Ingin Terhindar dari Covid-19 Varian Omicron

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Jumat, 17 Desember 2021 11:52

Rekomendasi masker agar terhindar dari varian Omicron (Kompas)
Rekomendasi masker agar terhindar dari varian Omicron (Kompas)

SULSELSATU.com – Dunia kembali terancam dengan adanya varian baru Covid-19, Omicron atau Corona B.1.1.529 yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan. Varian kali ini dianggap lebih membahayakan karena dapat menyebar lebih cepat.

Varian Omicron sudah tersebar di banyak negara. Baru-baru ini, kasus pertama varian Omicron ini telah ditemukan di Indonesia, berasal dari pekerja yang ada di Wisma Atlet.

Mengantisipasi varian ini terus menyebar luar, banyak negara yang sigap menutup pintu internasional bagi pendatang dari beberapa negara yang telah mendeteksi kasus varian Omicron.

Baca Juga : Menkes Terbitkan Edaran Pencegahan dan Pengendalian Varian Omicron Kepada Seluruh Kepala Daerah

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, menyarankan masker yang masih efektif menangkal varian baru Corona seperti varian Omicron.

Sponsored by MGID

“Semua balik ke tujuan penggunaan maskernya, kalau untuk masyarakat sehari-hari cukup dengan penggunaan masker bedah dengan masker kain,” jelas dr Agus Dwi Susanto, Sp P(K), dikutip dari detikHealth, Jumat, (17/12/2021).

Mengutip detikcom, dr Agus menegaskan bahwa penggunaan double mask hanya untuk masyarakat dengan aktivitas sehari-hari yang tidak berisiko besar terpapar virus Covid-19. Sementara itu, tenaga medis tetap wajib menggunakan masker N95 karena tingkat filtrasinya lebih tinggi.

Baca Juga : Munculnya Varian Omicron, Bupati Sinjai Harap Vaksinasi 70% Diakhir Tahun Dapat Tercapai

“Kalau masker bedah dan masker kain hanya memfiltrasi kurang dari 70 persen partikel sehingga tidak cocok untuk penggunaan medis. Tapi kalau untuk masyarakat disarankan menggunakan double mask,” lanjutnya.

Banyak masyarakat yang saat ini menggunakan masker KN95 dan KF94, mana yang lebih baik?

“Sebenarnya sama saja antara KN95 dan KF94, yang penting bisa memfiltrasi partikel kurang dari 2,5 mikron,” ujar ahli paru yang berpraktik di RSUP Persahabatan.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...