Logo Sulselsatu

PWNU dan 24 PCNU se-Sulsel Bulat Dukung Gus Yahya di Muktamar NU

Asrul
Asrul

Rabu, 22 Desember 2021 12:20

PWNU dan 24 PCNU se-Sulsel Bulat Dukung Gus Yahya di Muktamar NU

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulawesi Selatan bersama 24 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) bulat mendukung KH Yahya Cholil Staquf di Muktamar NU yang digelar di Provinsi Lampung.

Rombongan PWNU dan PCNU se-Sulsel bahkan berangkat khusus menggunakan pesawat carteran dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Selasa (21/12/2021).

Ketua PWNU Sulsel KH Hamzah Hanun membenarkan dukungannya kepada Gus Yahya untuk memimpin PBNU masa bakti lima tahun kedepan.

Baca Juga : Said Aqil dan Gus Yahya Saling Puji Usai Pemilihan Ketum PBNU

“Betul,” katanya singkat saat dihubungi.

Sponsored by MGID

Hal senada disampaikan Ketua PCNU Kota Makassar KH Kaswad Sartono. Ia menyatakan dukungannya kepada Gus Yahya memimpin PBNU.

“Dukungan PCNU Kota Makassar akan diberikan kepada KH Yahya Cholil Staquf atau yang biasa dipanggil Gus Yahya,” kata KH Kaswad.

Baca Juga : 17 PCNU di Sulsel Inginkan Said Aqil Siradj Kembali Pimpin PBNU

Kaswad mengatakan dukungan itu berdasarkan hasil rapat pengurus harian dan restu rois Syuriyah serta kesepakatan bersama antara PWNU dan PCNU se-Sulsel beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, dukungan itu sebagai upaya memelihara semangat demokrasi dan kebersamaan NU Sulsel serta dengan harapan adanya regenerasi kepemimpinan PBNU.

Sementara koordinator pemberangkatan peserta Muktamar untuk Gus Yahya, Bunyamin Hafid mengatakan ada tiga cabang yang berangkat duluan dari Sulsel yaitu PCNU Selayar, Barru, dan Luwu.

Baca Juga : PWNU Sulsel Berduka, Ketua Dewan Syariah NU Bone Berpulang ke Rahmatullah

“Semalam hadir itu 21 cabang, ditambah wilayah, minus Selayar, Barru, Luwu. Kita semua komitmen mendukung Gus Yahya,” katanya.

Menjelang Muktamar NU ke-34 yang digelar pada 22-23 Desember 2021, muncul dua nama kandidat kuat yang digadang-gadang akan menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Mereka adalah KH Yahya Cholil Staquf dan KH Said Aqil Siroj.

Bunyamin mengklaim, PCNU Selayar, Barru, dan Luwu yang berangkat duluan juga menyatakan komitmen mendukung Gus Yahya.

Baca Juga : PWNU Sulsel Berduka, Ketua Dewan Syariah NU Bone Berpulang ke Rahmatullah

“Mereka komitmen dukung Gus Yahya,” kata Bunyamin.

Ia melanjutkan, delegasi peserta asal Sulawesi Berat sebanyak 7 cabang ditambah delagasi Sulawesi Tenggara sebanyak 18 cabang juga ikut rombongan Sulsel. Mereka ikut berangkat bersama dari Kota Makassar.

“Jadi 3 wilayah Sulawesi utuh 50 suara sepakat mendukung Gus Yahya. Hampir Indonesia Timur 80 persen mendukung Gus Yahya,” katanya.

Baca Juga : PWNU Sulsel Berduka, Ketua Dewan Syariah NU Bone Berpulang ke Rahmatullah

Bunyamin mengatakan dirinya bertugas menindaklanjuti komitmen PCNU dan PWNU Sulsel mendukung Gus Yahya.

Menurutnya, 24 PCNU bersama PWNU Sulsel menandatangi dukungan kepada Gus Yahya di Asrama Haji Sudiang pada 15 Oktober 2021 lalu.

“Secara pernyataan tertulis dan penyerahan, mereka sudah komitmen ke Gus Yahya, tugas saya sebagai koordinator pemberangkatan panitia, tugas saya hanya jaga komitmen ini karena komitmen itu waktu di Asrama Haji mereka sepakat untuk berangkat bersama,” katanya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video28 Januari 2022 19:20
VIDEO: Sejumlah Guru SMP Negeri 3 Binamu Jeneponto Datangi Polsek Binamu
SULSELSATU.com – Sejumlah Guru SMP Negeri Jeneponto mendatangi Kantor Polsek Binamu di Kelurahan Panaikan, Kecamatan Binamu, Jumat pagi tadi (28...
Video28 Januari 2022 17:56
VIDEO: Penjelasan Lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto soal Perampasan Mobil
SULSELSATU.com – Berikut ini penjelasan lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto, AKP Hambali terkait aksi heroik Kanit Tipidkor Polres Jeneponto,...
Makassar28 Januari 2022 15:44
Wujudkan Generasi #Cari_Aman, Honda Gelar Edukasi Safety Riding Bagi Pelajar SMA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mewujudkan generasi muda taat lalu lintas, Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) gencar kampanyekan #Cari_Aman k...
Sponsored by MGID
Sulsel28 Januari 2022 14:26
Meniti Langkah PT Vale Menuju Masa Depan Hijau di Tanah Sulawesi
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen berkelanjutan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) tidak hanya tentang operasi tambang. Semakin ke sini, PT Val...