Logo Sulselsatu

PT Vale Kolaborasi Pemkab Luwu Timur dan YPS Bangun Budaya Siaga Bencana Lewat Webinar

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 22 Desember 2021 11:07

Webinar mitigasi bencana PT Vale berkolaborasi dengan Pemkab Luwu Timur dan YPS (dok. Vale)
Webinar mitigasi bencana PT Vale berkolaborasi dengan Pemkab Luwu Timur dan YPS (dok. Vale)

SULSELSATU.comPT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mengadakan webinar Mitigasi & Kesiagaan Bencana secara hybrid di Malili, Selasa, (21/12/2021). Langkah ini menjadi upaya meningkatkan budaya siaga dan aman menuju sekolah tangguh bencana.

Berdasarkan indeks risiko bencana provinsi seluruh Indonesia tahun 2020, Sulawesi Selatan berada di peringkat kelima dengan tingkat risiko tinggi, sedangkan Kabupaten Luwu Timur memiliki nilai indeks risiko bencana tertinggi kedua di Sulawesi Selatan.

Kondisi tersebut patut diwaspadai oleh warga setempat, termasuk generasi muda, karena potensi bencana dapat muncul kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga : Berdayakan Usaha Masyarakat, Pelaku UMKM Binaan PPM PT Vale Pamerkan Produk Lewat Gebrakan UMKM

Webinar PT Vale adalah hasil kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS), Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur.

Sponsored by MGID

Kegiatan sosialisasi dan webinar mitigasi dan kesiagaan bencana diikuti secara online dan offline kurang lebih 650 peserta dari Siswa SMP YPS Singkole dan siswa dari wilayah kabupaten Luwu Timur, termasuk guru, potensi SAR Luwu Timur, para relawan bencana, aparat pemerintah kabupaten Luwu Timur, dan masyarakat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kolaborasi lintas sektor. Tujuannya untuk menyediakan rekomendasi dan rencana tidak lanjut dalam membentuk masyarakat siaga bencana, sekaligus mengembangkan program sekolah tangguh bencana,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Adriansyah Chaniago, Rabu, (22/12/2021).

Baca Juga : Komitmen Pembangunan Berkelanjutan PT Vale Sejahterahkan Petani Lewat Pertanian SRI Organik di Tanah Nikel

Melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), PT Vale turut memperkuat kapasitas masyarakat dalam melakukan mitigasi dan kesiagaan bencana.

“Kegiatan Webinar seperti ini sangat baik untuk menjadi agenda rutin dan berkelanjutan dalam rangka pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) yakni di tahun 2030. Kita semua perlu dapat membangun ketahanan masyarakat miskin dan mereka yang berada dalam situasi rentan terhadap peristiwa ekstrem terkait iklim dan guncangan dan bencana ekonomi, sosial dan lingkungan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS), Agus Sampurno menuturkan, sebagai sebuah komunitas dan lembaga pendidikan sekolah perlu mengembangkan dan membangun sistem tangguh bencana.

Baca Juga : PT Vale Teken Perjanjian Hibah Bandar Udara Sorowako kepada Pemprov Sulsel

“Harapannya ketika bencana itu datang, kepanikan yang tidak perlu tidak akan terjadi. Semua komponen dari guru sampai siswa, kepala sekolah sampai tata usaha, dan orang tua pun perlu dibekali pengetahuan dan metode sehingga tercipta sebuah komunitas yang tahu harus kemana dan bagaimana ketika bencana itu dating,” tuturnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...