Logo Sulselsatu

Ini Bahan Makanan yang Tidak Boleh Masuk dalam Kulkas

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 29 Desember 2021 14:55

Bahan makanan yang tidak bisa masuk kulkas (Health Grid)
Bahan makanan yang tidak bisa masuk kulkas (Health Grid)

SULSELSATU.com – Kulkas sering menjadi tempat penyimpanan bahan makanan. Namun, tidak semua bahan makanan akan baik jika dimasukkan dalam kulkas.

Ada beberapa bahan makanan yang tidak seharusnya dimasukkan ke dalam kulkas. Bahan makanan tersebut akan rusak karena tidak cocok disimpan pada suhu dingin seperti dalam kulkas.

Berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas yang dilansir dari Kompas.

1. Melon atau semangka

Sponsored by MGID

Kedua buah ini apabila belum dipotong dan disimpan ke dalam kulkas akan menghentikan proses pematangan. Suhu dingin juga mengurangi antioksidan sehat yang ditemukan dalam melon. Sebaiknya, simpan buah-buahan ini di atas meja sampai siap untuk dimakan.

Jika kamu memiliki sisa melon, simpan dalam wadah kedap udara dan baru letakkan di kulkas hingga tiga hari.

2. Kentang mentah

Jangan meletakkan sekantong kentang mentah yang habis dikupas ke dalam laci kulkas. Temperatur yang dingin mengubah karbohidrat kompleks bertepung yang ditemukan dalam kentang mentah, memberi mereka rasa manis dan rasa di mulut saat dimasak.

Untuk rasa dan tekstur terbaik, simpan kentang mentah dalam keranjang atau laci yang berventilasi baik, jauh dari sinar matahari langsung.

3. Madu

Karena kandungan gulanya yang tinggi, madu alami, tidak perlu didinginkan. Faktanya, memasukkan madu ke dalam kulkas hampir menjaminmu tidak akan bisa memeras kebaikannya.

Saat didinginkan, madu mengeras dan mengkristal, jadi simpan di rak di dapurmu. Jika kamu sudah membuat kesalahan dengan mendinginkannya, jangan membuangnya.

Tempatkan botol madu dalam panci berisi air panas (bukan mendidih) sampai kembali ke bentuk cairnya.

4. Kopi

Jika kamu ingin menikmati secangkir kopi aromatik di pagi hari, jangan simpan biji kopi di kulkas. Biji kopi yang terbuka tunduk pada kondensasi dalam suhu dingin kulkas menghilangkan rasa.

Selain itu, bubuk kopi segar akan menyerap bau makanan dingin lainnya, membuat rasa kopimu hilang. Untuk mendapatkan secangkir kopi dengan rasa terbaik, simpan kopimu dalam wadah kedap udara pada suhu kamar di tempat yang gelap, seperti di dalam lemari.

5. Tomat

Jika kamu tidak ingin tomat segarmu terasa seperti karton, jangan simpan di kulkas. Setelah dipanen, tomat terus matang dan mengembangkan rasa, tetapi hanya jika disimpan pada suhu udara normal.

Rasa dingin yang besar menghentikan proses pematangan dan menumpulkan rasa. Simpan tomat segar di atas meja, jauh dari sinar matahari langsung.

6. Roti

Simpan rotimu di kotak roti atau di rak, tetapi tidak di kulkas. Roti yang disimpan di kulkas memperlambat pertumbuhan jamur, tetapi membuat roti menjadi keras dan terasa basi.

7. Bawang

Suhu yang dingin dan kelembaban yang tinggi di kulkas merusak bawang, merusak struktur berseratnya, dan membuatnya lembek serta rentan terhadap pertumbuhan jamur.

Untuk rasa dan tekstur terbaik, simpan bawang di tempat yang berventilasi baik, gelap dan sejuk (tidak dingin).

8. Alpukat hijau

Banyak alpukat yang dijual masih berwarna hijau dan keras alias belum matang, sehingga perlu beberapa hari untuk matang sebelum siap untuk dimakan.

Namun, alpukat hanya akan matang jika kamu menyimpannya di luar kulkas. Satu-satunya waktu kamu harus mendinginkan alpukat di kulkas adalah saat alpukat benar-benar matang.

Tapi, menyimpan apukat di dalam kulkas akan menambah waktu busuk lebih cepat 1 atau 2 hari.

9. Stroberi

Mendinginkan stroberi mengurangi rasa manisnya dan memberi tekstur lembek. Untuk rasa yang lebih enak, simpan stroberi segar di atas meja, jauh dari sinar matahari langsung, dan konsumsi dalam satu atau dua hari setelah memetik atau membeli.

Jangan mencucinya sampai kamu siap untuk memakannya, stroberi membusuk lebih cepat setelah dicuci.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...