Logo Sulselsatu

Didepan Rektor dan Dosen UMI, Taufan Pawe Sampaikan Pentingnya Keterbukaan Informasi dalam Pemerintahan

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 04 Januari 2022 14:39

Didepan Rektor dan Dosen UMI, Taufan Pawe Sampaikan Pentingnya Keterbukaan Informasi dalam Pemerintahan

 

SULSELSATU.com, Makassar — Kerja keras dan komitmen sebagai Walikota Parepare Dr. H.M Taufan Pawe menjadi buah bibir masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel). Tak tanggung-tanggung nama TP akronimnya kini menjadi bahan diskusi dikalangan akademisi seperti Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (FH UMI), Prof. Dr. H. Hambali Thalib, S.H., M.H.

Prof Hambali Thalib mengaku, sangat mengetahui betul bagaimana track record dari seorang TP. Mulai dari menjadi seorang mahasiswa di Fakultas Hukum UMI, laywer sampai menjadi orang nomor satu di Kota Parepare.

Keberhasilan TP saat menjadi laywer mengantarkannya menjadi orang penting di kota kelahiran Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Sejak menjabat sebagai Wali Kota Parepare TP sedikitnya sudah dianugerahi 204 penghargaan dari berbagai prestasi, mulai dari penghargaan pelayanan kesehatan, infrastruktur sampai dengan keterbukaan informasi publik.

Sponsored by MGID

“Tentu kalau kita lihat keberhasilan beliau dari periode pertama kemudian periode kedua bukan hanya fisik yang dilihat di Parepare, tapi juga dengan penghargaan sebagai prasyarat bukti bahwa mereka berhasil,” ungkap Prof Hambali Thalib, usai Milad FH UMI Ke-50 tahun, di Fakultas Hukum UMI, Selasa 4 Januari 2022.

Prestasi demi prestasi itu diharapkan dapat dikembangkan di wilayah yang lebih luas seperti provinsi Sulawesi Selatan. Meskipun kompetisi tersebut masih amat panjang namun track record seorang TP sudah menjadi acuan untuk dikembangkan di daerah lainnya.

“Keberhasilan beliau sebagai alumni dan generasi muda tidak berhenti disitu saja, ada amanah yang lebih besar lagi katakanlah bersaing dalam politik skala besar katakanlah skala Sulawesi Selatan,” harapnya.

Kendati demikian, Prof Hambali Thalib tetap mengingatkan TP untuk meneruskan komitmen mengelola pemerintahan berdasarkan asas yang berlaku dan terus mempertahankan koordinasi yang diciptakan di Kota Parepare saat ini.

“Saya setuju mereka menjunjung tinggi tiga asas pertama komitmen dengan asas, bekerja dengan komitmen asas kedua menjaga porsi anggaran dan taat koordinasi. Kunci kesuksesan adalah bagaimana taat asas, taat koordinasi dan taat pengelolaan anggaran, itu yang penting,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Dr. H.M. Taufan Pawe menyampaikan, diera modernisasi dan keterbukaan informasi publik ini semua harus serba terbuka. Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28F sudah menerangkan soal keterbukaan informasi publik.

Menurut TP, keterbukaan informasi publik sangat erat dengan tata kelola pemerintahan. Kota Parepare sudah nyaris sempurna bagaimana menerapkan keterbukaan informasi publik, bahkan belum lama ini kota tepian ini berhasil sabet penghargaan keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi Publik.

“Domain keterbukaan informasi publik adalah bagaimana tata kelola pemerintahan, prinsip pemerintahan, memangnya seorang wali kota, seorang Taufan Pawe bisa mensukseskan pemerintahan tanpa sistem dan sub sistem dalam pemerintahan tidak bisa dilakukan dengan one man show,” jelas TP dalam orasi ilmiah di Milad Ke-50 Fakultas Hukum UMI.

Keterbukaan informasi betul-betul dirasakan masyarakat, bagaimana harga komoditi di pasar bisa diketahui hanya dengan sentuhan di smartphone. Begitu juga dengan pelayanan kesehatan dengan mengunakan teknologi stara dengan teknologi negeri sakura.

“Izin menyampaikan kalau kita melakukan cuci darah (hemodialisa) rata-rata hitam kelopak matanya. Ternyata kuncinya ada pada penggunaan cairan RO (Reverse Osmosis). Di RS Parepare mengunakan cairan RO 00,01 dan Jepang mengunakan RO 00,01 juga,” beber TP disambut tepuk tangan dari seluruh hadirin.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial19 Januari 2022 16:12
Pantau Pelaksanaan Proyek, Taufan Pawe Pesan Jaga Kualitas Bangunan
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memantau sejumlah proses pengerjaan mega proyek pembangunan infrastruktur. Salah satu...
Sulsel19 Januari 2022 15:56
Kebijakan Pemerintah Satu Harga, Pemkab Gowa Pantau Harga Minyak Goreng Rp14 Ribu Per Liter di Pasar
SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa melakukan pengecekan harga ...
Sulsel19 Januari 2022 11:16
Tingginya Geliat Bisnis Kedai Kopi, PT Vale Gelar Pelatihan Barista di Morowali
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Tingginya geliat bisnis kedai kopi yang berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi kreatif, PT Vale Indone...
Sponsored by MGID
Video18 Januari 2022 23:27
VIDEO: Tak Mau Ditilang, Dua Pengendara Ini Pura-pura Jadi Petani
SULSELSATU.com – Dua pengendera motor berpura-pura jadi petani saat hendak ditilang polisi lalulintas viral di media sosial. Kejadian tersebut d...