Logo Sulselsatu

Ranperda Pengelolaan Sampah Regional Sedang Digodok DPRD Sulsel

Asrul
Asrul

Kamis, 06 Januari 2022 19:42

Ranperda Pengelolaan Sampah Regional Sedang Digodok DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sulsel mulai menggenjot Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pengelolaan sampah regional di setiap kabupaten dan kota.

Ranperda tersebut bertujuan untuk mencapai target pemerintah pusat terkait sasaran 70 persen penanganan sampah di 2025.

Ketua Pansus DPRD Sulsel tentang Ranperda pengelolaan sampah regional, Andi Sugiarti Mangun Karim mengatakan, pembentukan Perda tersebut sebagai upaya mencapai target nasional.

Baca Juga : Warga Kecamatan Wajo Keluhkan Drainase ke Andre Prasetyo Tanta

“Kalau kita tidak mengambil peran di sini, kebijakan secara nasional yang menginginkan 70 persen sampah tertangani, tidak akan bisa kita dapat, ” katanya usai rapat kerja bersama instansi terkait Pemprov Sulsel di gedung DPRD Sulsel, Kamis (6/1/2022).

Sponsored by MGID

Menurut Andi Sugiarti, Ranperda ini juga nantinya akan mengatur tentang kewenangan Pemerintah Provinsi Sulsel terkait pengelolaan sampah. Serta mengatur partisipasi untuk merubah perilaku masyarakat dalam persoalan sampah.

“Di Perda ini kita hanya membuka ruang di suatu wilayah harus ada TPA Regional, termasuk juga dengan pengelolaannya, dan ada bab yang mengatur tentang kewenangan pemerintah provinsi terkait pengelolaan sampah, tapi ini belum final masih akan berproses, ” sebutnya.

Baca Juga : Causa Iman Karana Temui Pimpinan DPRD Sulsel

Andi Sugiarti mengaku, pihaknya juga telah mengagendakan rapat dengar pendapat (RDP) bersama instansi terkait di pemerintah kabupaten dan kota, 11 Januari 2022 nanti.

RDP ini nantinya, kata dia, untuk menyerap masukan maupun kendala setiap kabupaten kota dalam pengelolaan sampah, termasuk koordinasi antar daerah.

“Kita akan melakukan RDP, kita ingin tahu apa kendala mereka di lapangan, kita tidak ingin masuk di kewenangan kabupaten kota, kita hanya ingin tahu bagaimana koordinasi kabupaten kota (terkait pengelolaan sampah),” ujarnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...