Logo Sulselsatu

Tahun Ini, KTP Digital Akan Diluncurkan

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Jumat, 07 Januari 2022 17:45

KTP digital direncanakan bakal meluncur tahun ini. Hadir dalam satu aplikasi di handphone (Kompas TV)
KTP digital direncanakan bakal meluncur tahun ini. Hadir dalam satu aplikasi di handphone (Kompas TV)

SULSELSATU.com, JAKARTAKTP digital rencananya akan diluncurkan tahun ini. Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri) berencana menghadirkan e-KTP digital yang bisa disimpan di handphone.

Dilansir detikcom, Jumat, (7/1/2022), Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, saat ini KTP digital masih dalam uji coba. Rencananya KTP digital akan meluncur tahun ini.

“Masih uji coba untuk internal dulu. (Rencana) 2022,” katanya singkat, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga : Kemendagri Serahkan 103 Data e-KTP WNA yang Masuk DPT ke KPU

Meski akan digitalisasi, pihaknya tetap akan melayani pembuatan identitas kependudukan atau e-KTP, dengan dua cara. Pertama dengan jalur digital dan kedua layanan manual untuk kartu fisik.

Sponsored by MGID

“Rencana dilakukan secara bertahap (e-KTP Digital). Dukcapil akan menerapkan prinsip double track system service, pemberian layanan dua jalur, yakni layanan digital dan layanan manual,” jelas Zudan dalam akun Youtube resminya.

Ke depan, dalam satu aplikasi identitas digital selain KTP akan dilengkapi menu utama terdiri dari, data keluarga, dokumen kependudukan dan dokumen lainnya yang terintegrasi e-KTP.

Baca Juga : Kemendagri Serahkan 103 Data e-KTP WNA yang Masuk DPT ke KPU

Dokumen yang terintegrasi e-KTP di antaranya hasil vaksin, NPWP, kepemilikan kendaraan dan status kepegawaian dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Selain itu, e KTP digital nantinya hadir dalam bentuk foto dan QR code ke handphone.

Sebagai informasi, mulai 2021 Kemendagri telah mulai melakukan uji coba menerapkan e-KTP digital di 50 kabupaten/kota. Beberapa di antaranya mulai dari Salatiga, Dompu, Kota Bima, dan Kota Bandung.

Zudan menjelaskan nanti e-KTP digital diterbitkan oleh menteri, melalui Ditjen Dukcapil yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan diterbitkan oleh melalui pelayanan adminduk dan pelayanan pengguna secara daring.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...