Logo Sulselsatu

Pemkot Bontang Pelajari Program Pendidikan Gratis dan Optimalisasi PAD di Pemkab Gowa

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Jumat, 07 Januari 2022 21:52

Pemkot Bontang saat kunjungan kerja di Kabupaten Gowa yang diterima langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan (dok. Pemkab Gowa)
Pemkot Bontang saat kunjungan kerja di Kabupaten Gowa yang diterima langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa yang diterima langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (7/1/2022).

Pada kunjungan tersebut, Walikota Bontang, Basri Rase mengungkapkan, Kota Bontang yang baru berdiri 20 tahun ini membutuhkan berbagai pengetahuan untuk peningkatan tata pemerintahan, salah satunya di bidang pendidikan, pariwisata dan optimalisasi PAD.

“Hari ini kita berkunjung ke Gowa selain untuk bersilaturahmi sekaligus untuk sharing beberapa program. Kita tahu Kabupaten Gowa ini daerah yang luar biasa dalam sektor pendidikan makanya kami yang baru berumur 20 tahun harus mendapat banyak pengetahuan,” ungkapnya, Jumat, (7/1/2022)

Baca Juga : Kebijakan Pemerintah Satu Harga, Pemkab Gowa Pantau Harga Minyak Goreng Rp14 Ribu Per Liter di Pasar

Basri Rase mengaku, program pendidikan gratis Gowa sagat baik menjadi opsi bagi Pemkot Bontang. Pasalnya, program tersebut menggratiskan seluruh sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA baik negeri maupun swasta.

Sponsored by MGID

“Kita sebenarnya sudah memiliki pendidikan gratis tapi tidak sesempurna yang ada di Gowa, sehingga melalui kunjungan ini kita nanti akan sempurnakan. Begitupun dengan optimalisasi PAD untuk memanfaatkan perusahaan industri kami agar memiliki NPWP cabang,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan pendidikan gratis Kabupaten Gowa sudah ada sejak masa kepemimpinan Alm Ichsan Yasin Limpo tahun 2008 silam hingga sekarang. Dimana melalui program tersebut tidak ada lagi anak yang ingin sekolah namun terkendala oleh biaya di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Pemkab Gowa Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

“Pendidikan gratis ini semua anak yang ingin sekolah di Gowa baik SD, SMP, SMA semua gratis dan itu berlaku untuk semuanya tanpa memikirkan status sosialnya begitupun sekolah negeri maupun swasta,” jelasnya.

Tak hanya itu ia juga mengatakan, pada periode keduanya ini, Pemkab Gowa akan memberikan beasiswa penuh kepada siswa berprestasi yang ingin melanjutkan kuliah baik di Makassar maupun universitas ternama di Indonesia.

Sementara dalam optimalisasi PAD, pihaknya berfokus pada sektor pariwisata, pertanian, peternakan dan perkebunan. Menurutnya sektor inilah yang akan memasukkan PAD full ke daerah.

Baca Juga : Penyaluran Beras Bagi ASN Lingkup Pemkab Gowa Bakal di Lakukan Bulog Makassar

“Salah satu cara untuk meningkatkan PAD Kabupaten Gowa yakni pada sektor pariwisata, karena begitu pariwisata berkembang maka seluruh pajaknya menjadi milik kabupaten. Itulah kenapa Gowa menggalakkan pariwisata karena semakin besar kemampuan daerah maka semakin banyak masyarakat yang bisa kita bantu dan banyak juga program yang bisa kita hadirkan,” jelasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial19 Januari 2022 16:12
Pantau Pelaksanaan Proyek, Taufan Pawe Pesan Jaga Kualitas Bangunan
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memantau sejumlah proses pengerjaan mega proyek pembangunan infrastruktur. Salah satu...
Sulsel19 Januari 2022 15:56
Kebijakan Pemerintah Satu Harga, Pemkab Gowa Pantau Harga Minyak Goreng Rp14 Ribu Per Liter di Pasar
SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa melakukan pengecekan harga ...
Sulsel19 Januari 2022 11:16
Tingginya Geliat Bisnis Kedai Kopi, PT Vale Gelar Pelatihan Barista di Morowali
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Tingginya geliat bisnis kedai kopi yang berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi kreatif, PT Vale Indone...
Sponsored by MGID
Video18 Januari 2022 23:27
VIDEO: Tak Mau Ditilang, Dua Pengendara Ini Pura-pura Jadi Petani
SULSELSATU.com – Dua pengendera motor berpura-pura jadi petani saat hendak ditilang polisi lalulintas viral di media sosial. Kejadian tersebut d...