Logo Sulselsatu

Pelindo Parepare Launching E-pass Pelabuhan

Andi Fardi
Andi Fardi

Selasa, 11 Januari 2022 10:34

Pelindo Parepare Launching E-pass Pelabuhan

SULSELSATU.com, Parepare — PT Pelindo IV Parepare melaunching Elektronik Pass (E-pass) pelabuhan. Kegiatan itu digelar di lantai 2 terminal penumpang Pelabuhan Nusantara, Selasa (11/1/2022).

GM PT Pelindo Parepare, Sardi menyampaikan, e-pass hadir sebagai wujud pelabuhan Parepare menuju smart port. Sekaligus lebih memudahkan pengguna jasa mendapat pelayanan dan saat bertransaksi.

“E-pass ini mengubah transaksi dari tunai menjadi kartu elektronik, dimana tarifnya sudah ditentukan dan lebih menjamin transparansi. Parepare adalah cabang kedua yang melaksanakan program tersebut,” ujar dia.

Menurut Sardi, penggunaan e-pass akan dikembangkan tidak hanya untuk penumpang tapi juga pada barang. Jadi tidak lagi ada transaksi tunai di pelabuhan.

Sponsored by MGID

“Transaksi penumpang dan barang di pelabuhan akan terlaporkan secara real sesuai keadaan di lapangan. Termasuk pedagang di dermaga akan kita arahkan transaksinya melalui aplikasi smartphone,” jelasnya.

“PT Pelindo juga akan mengundang beberapa perusahaan pelayaran yang menangani peti kemas agar masuk di pelabuhan Parepare,” tandas Sardi.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, yang diwakili Kadishub Iskandar Nusu menyampaikan apresiasinya atas inovasi E-pass Pelindo sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

“Penerapan E-pass tersebut sebagai bentuk komitmen Pelindo untuk meningkatkan level of service (Tingkat Pelayanan) yang jauh lebih bagus sebagai hub pelabuhan di wilayah timur Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya E-Pass ini seluruh pembayaran yang menggunakan jasa Pelindo di Pelabuhan Parepare kini tidak lagi menggunakan metode konvensional.

“Pembayaran pas masuk di pelabuhan yang awalnya dilakukan secara manual, kini dilakukan secara elektronik. Hal ini merupakan bentuk dukungan dalam menerapkan Gerakan Nasional Non Tunai yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat,” katanya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video28 Januari 2022 17:56
VIDEO: Penjelasan Lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto soal Perampasan Mobil
SULSELSATU.com – Berikut ini penjelasan lengkap Kasat Reskrim Polres Jeneponto, AKP Hambali terkait aksi heroik Kanit Tipidkor Polres Jeneponto,...
Makassar28 Januari 2022 15:44
Wujudkan Generasi #Cari_Aman, Honda Gelar Edukasi Safety Riding Bagi Pelajar SMA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mewujudkan generasi muda taat lalu lintas, Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) gencar kampanyekan #Cari_Aman k...
Sulsel28 Januari 2022 14:26
Meniti Langkah PT Vale Menuju Masa Depan Hijau di Tanah Sulawesi
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen berkelanjutan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) tidak hanya tentang operasi tambang. Semakin ke sini, PT Val...
Sponsored by MGID
Berita Utama28 Januari 2022 14:10
Sejumlah Guru SMP Negeri 3 Binamu Jeneponto Datangi Polsek Binamu, Ini Tujuannya
SULSELSATU.com,Jeneponto – Sejumlah Guru SMP Negeri Jeneponto mendatangi Kantor Polsek Binamu di Kelurahan Panaikan, Kecamatan Binamu, Jumat pag...