Logo Sulselsatu

Menelisik Peluang Barru Dalam Wujudkan Penyanggah Ibu Kota Baru

Asrul
Asrul

Rabu, 12 Januari 2022 14:40

Menelisik Peluang Barru Dalam Wujudkan Penyanggah Ibu Kota Baru

SULSELSATU.com, BARRU – Kunjungan Kerja Pemkab Barru disejumlah Kabupaten Kota di Pulau Kalimantan menghasilkan beberapa peluang kerjasama.

Beberapa kabupaten kota yang menjadi tujuna kunker Bupati Barru yakni Kabupaten Kotabaru, Kota Balikpapan dan Kota Bontang.

Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa kota Balikpapan yang akan menjadi penyangga ibu kota negara sangat membutuhkan pasokan di bidang pangan khususnya ayam dan daging sapi.

Baca Juga : Ini Jenis Vaksin yang Akan Digunakan Untuk Anak Umur 6-11 Tahun

“Kami saat ini juga sedang berencana melalui perusahaan daerah, untuk membuka usaha penerbangan antara Kota Balikpapan dengan kota-kota lain di Kalimantan, khususnya Kotabaru dan Sulawesi,” kata Rahmad dalam rilis.

Sponsored by MGID

Dalam lawatan Pemkab Barru ini rencananya akan membuka kerjasama dalam rangka membuka konektivitas bidang perekonomian seperti perdagangan, pertanian, peternakan setra sektor pariwisata, nantinya akan melibatkan 5 daerah di 4 provinsi di Indonesia.

Senada, Bupati Kotabaru Sayed Jafar, menyebut pertemuan ini sebagai wujud melaksanakan program pemerintah pusat untuk membuka jalur tol laut.

Baca Juga : Hari ini Bupati Barru Launching Vaksinasi Anak Umur 6-11 Tahun

“Kita akan membuka rute kapal laut meliputi Kotabaru – Barru – Mamuju – Bontang dan Balikpapan, sehingga akan meningkatkan konektifitas antar kota, kabupaten dan provinsi, karena kapal ini nantinya memiliki kapasitas 2500 penumpang dan 450 kendaraan, yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara,” Sebut Sayed yang memiliki darah Bugis Barru.

Terlebih lagi, Kotabaru, Balikpapan, Bontang dan Barru sebagai daerah pesisir, memiliki hubungan emosional yang cukup erat karena cukup banyak warga Bugis bermukim di sana, sehingga masih ada kaitan kekeluargaan.

“Ini sebagai modal penting yang akan semakin mempererat hubungan antar kabupaten dan kota tersebut, apabila ada sarana transportasi yang mudah dan murah,” lanjutnya.

Baca Juga : Ini Pesan Bupati Jelang Pelantikan KONI Barru

Sayed mengaku siap, jika kabupatennya sebagai daerah penyuplai sektor perikanan dan potensial di bidang pariwisata yang sangat beragam.

Diketahui Bupati Barru dan segenap pejabat akan melanjutkan lawatan kerjanya untuk pertemuan bersama Pemda Kotabaru dengan Pemerintah Kota Bontang pada Rabu hari ini.

Penulis : Asriadi Rijal
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video21 Januari 2022 20:03
VIDEO: Aksi Heroik Wanita Berhijab di Bali Padamkan Api Motor yang Terbakar
  SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sepeda motor terbakar di Jalan Glogor Carik, Bali. Terlihat pemilik kendaraan berusahaa mema...
Kesehatan21 Januari 2022 19:14
Aduh, Penelitian Sebut Infeksi Covid-19 Menurunkan Kesuburan Pria
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pria yang pernah terinfeksi Covid-19 terbukti menurunkan kesuburan. Fakta tersebut sesuai dengan studi terbaru dari In...
Video21 Januari 2022 18:58
VIDEO: Begini Kondisi Saat Olah TKP Kecelakaan Maut di Balikpapan
SULSELSATU.com – Polresta Balikpapan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Balikpapan pada Jumat (21/1). Polisi juga t...
Sponsored by MGID
Internasional21 Januari 2022 17:01
ISIS Serang Penjara Suriah Lepaskan Tahanan Sesama Anggota
SULSELSATU.com – Kelompok ISIS dilaporkan telah menyerang penjara di timur laut Suriah pada hari Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Dalam seranga...