Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Sabtu, 15 Januari 2022 10:26

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa lakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di SDN Unggulan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Jum'at (14/1/2022) kemarin, (dok. Pemkab Gowa)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa lakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di SDN Unggulan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Jum'at (14/1/2022) kemarin, (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai memperluas cakupan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Berkerjasama dengan Polri, vaksin anak usia 6-11 tahun dilakukan di SDN Unggulan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Jum’at (14/1/2022) kemarin.

“Untuk saat ini kita memprioritaskan kelompok usia anak dan remaja untuk mempercepat terlaksananya proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di seluruh wilayah Kabupaten Gowa,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni dalam keterangan resminya.

Karaeng Kio sapaan akrab Wabup Gowa ini berpesan, agar masyarakat tetap waspada dan terus mengoptimalkan pencapaian vaksinasi yang ada. Hal ini karena adanya varian baru Covid-19 dan dengan interaksi yang besar sebagai wilayah hinterland dari Makassar.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siap Dukung Program Peningkatan Skill Warga Lapas Narkotika Sungguminasa

“Sampai saat ini pandemi memang belum selesai. Sekalipun memang selama beberapa bulan terakhir jumlahnya dapat kita kendalikan. Memang masih ada masyarakat yang terkonfirmasi positif tetapi jumlahnya di bawah 10 orang. Bahkan 1 bulan terakhir ini angka yang terkonfirmasi sudah 0,” ujar Ketua PMI Kabupaten Gowa itu.

Sponsored by MGID

Ia juga menekankan bahwa vaksinasi pelajar usia 6-11 tahun ini perlu dilakukan agar menghindarkan anak dari terjangkit Covid-19 di sekolah dan ketika pulang dari sekolah tidak menjadi carrier penyakit untuk anggota keluarga yang berada di rumah.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sujana menerangkan bahwa syarat pelaksanaan vaksinasi anak ini adalah ketika cakupan vaksinasi kelompok lansia telah mencapai angka 60 persen.

Baca Juga : Kebijakan Pemerintah Satu Harga, Pemkab Gowa Pantau Harga Minyak Goreng Rp14 Ribu Per Liter di Pasar

Saat ini, Kabupaten Gowa telah mencapai target 61 persen untuk lansia, sehingga akses untuk melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun menjadi terbuka.

“Dari 24 kabupaten/kota baru 7 yang dibolehkan untuk melaksanakan vaksinasi anak karena sudah mencapai 60 persen vaksinasi untuk lansia. Selain Kabupaten Gowa, ada Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, kemudian Soppeng, dan Palopo serta Toraja Utara,” terang mantan Kapolda Sulawesi Utara itu.

Terkait perkembangan jumlah vaksinasi, Irjen Pol Nana menyebutkan, saat ini untuk Sulsel dari target 7,1 juta masyarakat, telah mencapai 74,43 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua baru 44,43 persen.

Baca Juga : Penyaluran Beras Bagi ASN Lingkup Pemkab Gowa Bakal di Lakukan Bulog Makassar

Jadi, lanjutnya, untuk mencapai 100 persen pada Maret 2022, pelaksanaannya akan digelorakan kembali. Terutama untuk dapat melaksanakan vaksinasi anak, maka vaksinasi lansia harus segera dilaksanakan dengan target minimal 60 persen.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat, ada 3 kunci untuk dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kunci yang pertama adalah terus mematuhi protokol kesehatan, kedua adalah percepatan vaksinasi, dan yang ketiga adalah penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment),” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 22:40
VIDEO: Bikin Bingung, Penampakan Desain Pintu Toilet yang Hanya Setengah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan toilet umum yang sedikit nyeleneh. Seorang perekam menyebut desain toilet sangat membingungkan lant...
Sulsel20 Januari 2022 21:56
Kepala BI Sulsel Apresiasi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang PT Vale
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi d...
Adventorial20 Januari 2022 21:26
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Harap Perencanaan Pembangunan Berkualitas
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pem...
Sponsored by MGID
Video20 Januari 2022 21:21
VIDEO: Penjual Nasgor Jarang Cuci Tempat Sambal Hingga Berjamur, Pembeli Sampai Ogah Makan
SULSELSATU.com – Seorang perempuan membagikan momen menjijikan saat membeli nasi goreng. Dalam video terlihat perempuan tersebut memastikan temp...