Logo Sulselsatu

Bank Sulselbar Salurkan Kredit Sindikasi Biayai Proyek Strategis Nasional

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 07 April 2022 13:16

Seremoni penandatangan perjanjian kredit pengolahan bijih nikel laterit PT Ceria Metalindo Prima dilaksanakan pada hari Rabu, 6 April 2022 di kantor Kementerian ESDM di Jakarta (dok. Bank Sulselbar)
Seremoni penandatangan perjanjian kredit pengolahan bijih nikel laterit PT Ceria Metalindo Prima dilaksanakan pada hari Rabu, 6 April 2022 di kantor Kementerian ESDM di Jakarta (dok. Bank Sulselbar)

SULSELSATU.com, JAKARTABank Sulselbar turut memberikan kredit dalam proyek strategis nasional pembangunan pabrik Rotary Klin Electric Furnace (RKEF) 1×71 MVA PT Ceria Metalinfo Prima.

Pabrik PT Ceria Metalindo Prima berlokasi di Desa Ponre Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka di Provinsi Sulawesi Tenggara. Tota nilai proyek pabrik tersebut mencapai USD347,1 juta.

Sementara itu, total fasilitas kredit sindikasi yang disediakan oleh para kreditur sebesar USD277.690.000. Dimana, Bank Sulselbar berpartisipasi memberikan kredit sebesar USD10 juta dengan jangka waktu kredit sampai dengan tahun 2030.

Baca Juga : Dihukum Membayar Ganti Rugi Rp131 Juta, Bank Sulselbar Bantah Melakukan Kelalaian

Sampai dengan Februari 2022 portofolio kredit sindikasi Bank Sulselbar telah mencapai Rp1.559 triliun IDR serta untuk USD mencapai USD1.645 juta.

Plt Direktur Utama PT Bank Sulselbar, H. Yulis Suandi mengatakan, partisipasi dalam pemberian kredit sindikasi ini merupakan implementasi dari visi Bank Sulselbar menjadi bank kebanggaan dan pilihan utama membanguan kawasan timur Indonesia.

“Kebijakan Umum Direksi di Tahun 2022 untuk Kinerja Bisnis Berkelanjutan dan Optimalisasi Volume Transaksi Devisa. Nikel merupakan komoditas masa depan yang prospektif salah satunya untuk menekan emisi karbon dari bahan bakar fosil seiring dengan gencarnya pengambangan industri kendaraan listrik,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis, (7/4/2022).

Baca Juga : Bank Sulselbar Resmikan D’Lounge di Bandara Sultan Hasanuddin, Perluas Jangkauan Layanan Bagi Masyarakat

Pemimpin Divisi Korporasi dan Komersial Bank Sulselbar, Ruslan LB menambahkan, Bank Sulselbar berpengalaman dalam aktivitas perkreditan sindikasi khususnya di wilayah Sulawesi.

“Kredit Sindikasi yang diberikan ini dalam bentuk USD dimana sebelumnya Bank Sulselbar turut serta juga untuk proyek pabrik pengolahan nikel di wilayah Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan,” bebernya.

Dengan adanya dukungan ini lanjutnya, akan memberikan kepastian dan kepercayaan kepada investor bahwa bank pembangunan daerah mampu berkontribusi untuk kemajuan ekonomi energi nasional.

Baca Juga : Ajak Pegawai Hidup Sehat, Bank Sulselbar Cabang Ajatappareng Gelar Minisoccer Fourfeo Fun Match

Sementera itu, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, objek usaha pertambangan Ceria telah masuk sebagai salah satu proyek strategis nasional kategori pembangunan smelter.

Selain itu, kata Arifin Tasrif, melter Ceria telah ditetapkan masuk dalam obyek vital nasional bidang Mineral dan Batu Bara.

“Pemerintah berkewajiban untuk memastikan iklim investasi di Indonesia termasuk oleh Ceria berjalan dengan baik karena hasilnya akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bidang energi dan mineral yang maksimal dimana produksi Nikel yang hasilkan akan menjadi komoditas unggulan dan paling dicari oleh industri teknologi dimasa depan,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...