Logo Sulselsatu

Mahfud Tegaskan LGBT Dipidana Masuk di RKUHP

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 25 Mei 2022 17:45

Mahfud MD. (int)
Mahfud MD. (int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam) Mahfud MD angkat bicara terkait hukum pidana bagi LGBT di Indonesia.

Mahfud menegaskan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) bisa dipidana dan termasuk dalam Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). Menurutnya hukum pidana LGBT diatur dalam Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang sedang dibahas DPR.

Dia menjelaskan, meski dalam RKUHP tersebut tidak ada kata LGBT, namun tetap ada ancaman pidana terhadap kegiatan asusila dan hubungan seks sesama jenis.

“Anda sj yg tak ngerti. Wamen benar, sy bebar. Di RKUHP mmg tak ada kata LGBT. Tp ada ancaman bg pidana kesusilaan dan hubungan seks sesama jenis dlm situasi dan cara ttt.” tulis Mahfud diakun twitternya.

Penjelasan tersebut disebutkan Mahfud berawal saat membalas cuitan pengguna Twitter yang mempertanyakan soal pidana bagi LGBT yang disebut Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej tidak ada dalam RKUHP.

“Sama jg tak ada kata maling di KUHP tp ada perbuatan mengambil barang orng lain scr melanggar hukum dst” pungkas Mahfud.

 

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 16:10
Komisaris Bank Sulselbar Minta Dukungan Dewan Agar Jadi Tuan Rumah di Daerah Sendiri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisaris dan Direksi Bank Sulselbar meminta dukungan DPRD Sulsel agar bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Hal...
Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...