Logo Sulselsatu

Tinggi Peminat, Sudah 2.109 Wajib Pajak Telah Melapor di PPS

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 16 Juni 2022 19:37

Konferensi pers penyampaian informasi PPS Kanwil DJP Sulselbartra (Sri Wahyudi Astuti / Sulselsatu.com)
Konferensi pers penyampaian informasi PPS Kanwil DJP Sulselbartra (Sri Wahyudi Astuti / Sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP Sulselbartra) mencatat peminat Program Pengungkapan Sukarela (PPS) meningkat selama bulan Juni 2022 ini.

Terhitung sejak bulan Juni atau dalam waktu 15 hari terakhir, surat keterangan (Suket) yang disampaikan Wajib Pajak (WP) dalam program PPS mencapai hingga 1024 Suket. Nilai PPh yang terkumpul mencapai Rp160 miliar.

PPS merupakan program inisiasi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk melaporkan kewajiban perpajakan yang belum diungkap.

Baca Juga : BRI Imbau Nasabah Lakukan Aktivasi NIK Jadi NPWP Sebelum 31 Desember 2023

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Arridel Mindra mengatakan, minat peserta PPS meningkat tajam setelah 15 hari sebelum berakhirnya program. Nilai harta yang dilaporkan pun meningkat.

PPS yang dimulai sejak Januari 2022 ini akan berakhir 30 Juni 2022 nanti. Per 15 Juni 2022 ini, sudah 2.109 WP yang melaporkan hartanya,” kata Arridel dalam press conference di Kantor DJP Sulselbartra, Kamis, (16/6/2022).

Arridel menjelaskan, per 15 Juni 2022, total harta yang dilaporkan dalam PPS mencapai Rp3,55 triliun. Sementara untuk total jumlah PPh yang disetor oleh WP sebesar Rp363,5 miliar.

Baca Juga : Beri Efek Jera Bagi WP Melanggar, DJP Sulselbartra Sita Aset Tersangka Penggelapan Pajak di Kolaka

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan untuk mengantisipasi lonjakan peminat PPS, pihaknya menyiapkan beberapa pojok PPS untuk memudahkan WP konsultasikan pelaporannya.

“Selain membuka pojok PPS di kantor pajak, juga dihadirkan beberapa di tempat umum di Makassar seperti Mal Ratu Indah, Mal Panakkukang, Trans Studio Mal, BPR Hasamitra, Mitra 10 Talasa City, Living Plaza Perintis Kemerdekaan,” ujarnya.

Ikut dalam PPS kata Arridel, data WP akan lebih aman. Data yang dilaporkan tidak akan menjadi dasar untuk penyelidikan maupun untuk tindak pidana perpajakan.

Baca Juga : Permudah Wajib Pajak Akses Layanan, DJP dan Dukcapil Lanjutkan Kerja Sama

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD28 April 2024 09:55
Dinas PU Makassar Sebut Pembangunan Septik Tank Individual Dibangun Sesuai Aturan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menyebut Pembangunan tangki septik di Kota Makassar melalui APBD telah dilaks...
Video27 April 2024 23:24
VIDEO: Terekam CCTV, Aksi Pencurian Pakaian Dalam Wanita di Kabupaten Bone
SULSELSATU.com – Aksi pencurian pakaian dalam di Kabupaten Bone menimbulkan kekhawatiran. Dalam rekaman CCTV, seorang pria terlihat melakukan pe...
Video27 April 2024 21:58
VIDEO: Banjir di Kabupaten Enrekang, Poros Toraja-Enrekang Lumpuh Total
SULSELSATU.com – Banjir bandang terjadi di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/4/2024). Hujan deras deras yang mengguyur wilayah ter...
Video27 April 2024 20:20
Video Cekcok Anggota DPRD Lutim dengan Kadis DLH
SULSELSATU.com – Anggota DPRD Luwu Timur, Wahidin Wahid terlibat cekcok dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur, Andi Makkaraka, J...