Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Terima Penghargaan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Minggu, 19 Juni 2022 22:57

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik (dok. Pemkab Gowa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima penghargaan 30 peserta terbaik Kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (16/6/2022) lalu.

Penghargaan diterima langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Adnan mengaku ini suatu kesyukuran karena Kabupaten Gowa kembali menambah perolehan penghargaan di masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapat penghagaan dari Kemepan RB dan ini merupakan penghargaan ke 147,” ujar Adnan.

Baca Juga : Pengumuman! Pemkab Gowa Lelang 10 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Dirinya mengatakan, tentu penghargaan ini berkat kerja sama dari semua pihak, jajaran Pemkab Gowa termasuk masyarakat. Menurutnya pengelolaan pengaduan pelayanan publik Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Online Rakyat (SP4N-LAPOR) melalui pemberdayaan masyarakat melalui Inovasi Sahabat Lapor.

Dirinya menjelaskan Inovasi Sahabat Lapor merupakan pemberdayaan masyarakat terdiri dari perwakilan unsur pemuda yang peduli pelayanan publik tersebar di 18-Kecamatan.

“Sahabat Lapor ini bertugas untuk menyebarluaskan informasi tentang media pengaduan aplikasi LAPOR, memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, serta mengawasi kinerja penyelenggaraan pemerintah di kecamatan dan melaporkan pada aplikasi LAPOR,” jelas Adnan.

Baca Juga : Menuju Kabupaten Smart City, Pemkab Gowa Gandeng PT Telkom Wujudkan Satu Data Indonesia

Orang nomor satu di Gowa ini menyebutkan, tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dan cakupan wilayah, dalam menyampaikan pengadaan melalui aplikasi SP4N-LAPOR sehingga dari pengaduan tersebut dapat dilakukan perbaikan pelayanan publik.

“Inovasi ini akan menjadi solusi terhadap permasalahan masyarakat di Kabupaten Gowa untuk perbaikan kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa, dengan memanfaatkan aplikasi LAPOR,” tambahnya.

Kasubag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Indra Said yang sekaligus Inovator Sahabat Lapor yang hadir mendampingi Bupati Gowa mengaku bersyukur masuknya Kabupaten Gowa sebagi 30 peserta terbaik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 yang dilaksanakan oleh KemenpanRB.

Baca Juga : Pemkab Gowa Beri Beasiswa Kepada Mahasiswa Berprestasi Asal Kabupaten Gowa di Universitas Indonesia

“Alhamdulillah kami bersyukur atas penghargaan sebagai 30 peserta terbaik di tingkat nasional. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami sebagai pengelola pelayanan untuk terus meningkatkan kinerja layanan pengaduan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan bahwa ini suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Gowa. Karena menurutnya Pemkab Gowa merupakan satu-satunya yang berasal dari Instansi pemerintah wilayah Indonesia Timur yang masuk dalam kompetisi ini.

“Sudah dua tahun Kabupaten Gowa menjadi terbaik di wilayah Indonesia Timur,” ungkapnya.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...