Logo Sulselsatu

Jelang Temu Pendidik Nusantara 9, Walikota Makassar Instruksikan Guru di Makassar Ikut Serta

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 26 Juni 2022 19:14

Pelaksana Temu Pendidik Nusantara saat menemui Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto di kediamannya (dok. Ist)
Pelaksana Temu Pendidik Nusantara saat menemui Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto di kediamannya (dok. Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang Temu Pendidik Nusantara (TPN) 9, Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar untuk menggerakkan guru-guru ikut serta.

Temu Pendidik Nusantara 9 digagas oleh Yayasan Guru Belajar dan telah mendapatkan penghargaan sebagai nominator UNESCO Hamdan Priz for Teacher Development sebagai wadah penting bagi guru-guru se-Indonesia untuk saling berbagi praktik pengajaran, pameran karya, maupun kreatifitas lainnya.

Saat ditemui di kediamannya di Jalan Amirullah, Danny sapaan akrabnya menegaskan bahwa anak-anak Makassar harus sekolah dan mendapatkan guru-guru terbaik yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang baik tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengikuti revolusi dalam metode pembelajaran.

Baca Juga : Temu Pendidik Nusantara XI Gelar Kelas Transformasi Digital Bersama Google

“Kita tingkatkan kompetensi guru mulai dari sekolah yang paling tertinggal, dan kita berikan bimbingan sehingga guru bisa mengajar dengan metode yang tepat dan memahami teknologi yang dapat membantu guru menciptakan strategi pembelajaran yang ideal di metaverse sesuai dengan karakter anak didik saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin mengatakan, Kota Makassar memastikan akan menggunakan kurikulum merdeka.

“Kami akan berkolaborasi dengan semua pihak yang berkompeten untuk mewujudkan kurikulum merdeka, sehingga ke depannya peran penggerak akan diperluas dan turut melibatkan guru-guru lainnya,” jelasnya.

Baca Juga : Temu Pendidik Nusantara XI Sukses Digelar di Sekolah Islam Athirah

Temu Pendidik Nusantara 9 di Makassar akan dilaksanakan di Sekolah Islam Athirah Kajaolalido pada 7 Agustus 2022 mendatang. Nantinya, kegiatan ini akan menghadirkan 50 pembicara kelas kemerdekaan dan 10 pembicara kelas kompetensi pembelajaran dan kepemimpinan.

Seluruh pembicara adalah guru dari berbagai sekolah di kota Makassar yang akan membagikan praktik baik pembelajarannya kepada rekan-rekan guru yang menjadi peserta TPN 9.

Di sisi lain, Kordinator Pelaksana Temu Pendidik Nusantara di Makassar, ZaidBuri Prahastyo mengatakan, bahwa sejalan dengan kurikulum merdeka maka Temu Pendidik Nusantara 9 mengusung tema ‘Kurikulum Yang Memberdayakan Konteks’.

Baca Juga : Siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Tampilkan Drama Cerita Rakyat dari Berbagai Daerah Indonesia

“Peserta TPN akan mendapatkan akses seumur hidup 10 modul pelatihan online mandiri, juga akses mengikuti kelas-kelas Temu Pendidik Nusantara yang diselenggarakan pada 50 daerah di seluruh Indonesia. Kemudian akses mengikuti webinar berbagi praktik baik guru dan pemimpin selama 7 hari, sertifikat 32 jam, dan yang terpenting adalah berkembangnya jaringan ke pendidik di seluruh Indonesia,” ungkapnya saat berkunjung di kediaman Walikota Makassar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...