Logo Sulselsatu

Akibat Invasi Rusia ke Ukraina, MotoGP Blacklist Rusia dari Daftar Tujuan Perhelatan Kejuaraan Balap Dunia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 25 Juli 2022 21:48

MotoGP blacklist Rusia dalam pelaksanaan balapan (dokumen: Motorsport)
MotoGP blacklist Rusia dalam pelaksanaan balapan (dokumen: Motorsport)

SULSELSATU.com – Penyelenggara MotoGP mencoret Sirkuit Igora Drive dari daftar tempat perhelatan balap. Keputusan ini keluar akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Sirkuit Igora Drive telah diperbarui dan disebut lebih menyenangkan untuk menggelar balapan. Sirkuit juga jadi lebih panjang 900 m sehingga totalnya menjadi 5,183 km. Diberitakan Speedweek, tinggi sirkuit per putaran juga meningkat dari 17 menjadi 20,5 meter. Area gravel diperbesar, trotoar diperpanjang serta desain masuk dan keluar pit didesain ulang.

Tidak hanya MotoGP, kalender balapan di Rusia pun kabarnya ditanggalkan. Bahkan, MotoGP Finlandia pun tidak bakal terwujud dalam waktu dekat karena konflik yang terjadi di sekitar Finlandia.

Baca Juga : Ada Loh Pembalap MotoGP yang Pakai Helm Merek Lokal Indonesia

Mengutip dari detikcom, Senin (25/7/2022), Dorna pada akhir Mei lalu memutuskan untuk mencoret seri MotoGP Finlandia. Ada beberapa alasan yang membuat Dorna, FIM, dan IRTA memutukan batal membawa Fabio Quartararo cs ke negara tersebut.

Pernyataannya, Dorna Sports menyebut pembatalan MotoGP Finlandia 2022 dilakukan lantaran proses homologasi masih terus dilakukan di Sirkuit KymiRing. Selain itu, di sekitar negara Finlandia sedang terjadi konflik perang, yang tentunya menghadirkan risiko tersendiri jika tetap dilaksanakan.

Sirkuit KymiRing sudah dipastikan tidak bisa menggelar ajang MotoGP tahun 2022. Ada beberapa opsi yang ditawarkan sebagai pengganti mulai dari Portimao dan Mandalika.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...