Logo Sulselsatu

Memudahkan Pemungutan Retribusi Sampah, Bapenda Buat Inovasi Baru

Asrul
Asrul

Senin, 25 Juli 2022 21:40

istimewa
istimewa

 

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk mempermudah dalam pembayaran retribusi sampah, dibuatlah sistem Quick Response Code Indonesian Standard, yang disingkat dengan QRIS.

Sekretaris Bapenda Kota Makassar, M Fuad Arfandi mengatakan, pembayaran bisa dengan non tunai, dengan menggunakan QRIS, dan membuat masyarakat tidak perlu repot lagi mendatangi loket pembayaran.

Baca Juga : PAD Makassar Capai 1,5 Triliun, Tertinggi Sepanjang Sejarah Pemkot Makassar

Hanya dengan scan barcode melalui telepon pintar atau smartphone, tagihan langsung muncul dan bisa diselesaikan saat itu juga.

“Teknisnya itu melakukan scan saat mau bayar retribusi. Jadi uangnya langsung masuk ke kas daerah, orang tidak pakai uang tunai lagi,” ujarnya, Senin (25/7/2022).

Dia menjelaskan, inovasi tersebut bagian dari upaya digitalisasi pendapatan daerah. Kanal ini terintegrasi dengan aplikasi pembayaran lainnya seperti ovo, gopay, linkaja dan lainnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Presentasikan Pakinta dan Jampangi dalam Innovative Government Award Kemendagri 2023

Selain memudahkan masyarakat, sistem ini dihadirkan untuk menekan kebocoran dan kepastian nominal pembayaran.

“Elektronifikasi transaksi ini sebenarnya nama trendnya non tunai. Salah satu wujud elektronifikasi transaksi adalah bagaimana mengembangkan pembayaran pajak secara digital diantaranya melalui QRIS,” jelasnya.

Fuad menambahkan, akan dikeluarkan kebijakan melalui Surat Imbauan agar seluruh kanal pembayaran pajak dan retribusi dilakukan secara digital.

Baca Juga : VIDEO: Bapenda Makassar Tempel Stiker “PERINGATAN” Bagi Penunggak Wajib Pajak PBB

Untuk penerapannya,Mereka menunggu kedatangan Walikota Makassar, Danny Pomanto yang saat ini kunjungan kerja di Amerika Serikat.

“Kita tunggu Bapak (Walikota) pulang kita bikinkan surat edaran ke seluruh SKPD minta seluruh SKPD membuat imbauan ke seluruh wajib pajaknya, seluruh wajib retribusi menyampaikan bahwa sekarang pemerintah kota sudah memperluas kanal pembayaran pajak dan retribusi melalui QRIS,” sambungnya.

Sementara, Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, pembayaran melalui QRIS untuk mewujudkan Kota Makassar menuju Kota Mekaverse (Makassar Metaverse).

Baca Juga : Pasar Murah PJI Sulsel Diserbu Warga

Selain itu, untuk transparansi dan meminimalisir kebocoran pendapatan daerah.

“Ini untuk akuntabilitas, transparansinya, kebocoran kita minimalisir. Apalagi kita menuju Metaverse. Kita buat aplikasi untuk cashless,” katanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Vera Rhamdani
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...