Logo Sulselsatu

Temu Pendidik Nusantara 9 Sukses di Makassar, Dihadiri 500 Peserta

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 09 Agustus 2022 17:16

Temu Pendidik Nusantara sukses digelar di Makassar (dokumen: ist).
Temu Pendidik Nusantara sukses digelar di Makassar (dokumen: ist).

SULSELSATU.com, MAKASSARTemu Pendidik Nusantara (TPN) 9 suksek digelar di Kota Makassar. Kegiatan ini melibatkan 500 peserta secara online dan offline di Sekolah Islam Athirah Kajaolalido, Minggu, (7/8/2022).

Kegiatan ini merupakan konferensi pendidikan yang mempersatukan guru, manajemen sekolah, dan semua pemangku kepentingan ekosistem pendidikan dalam skala nasional dan internasional. Hal ini untuk mengekspresikan kemerdekaan belajar, mengembangkan kompetensi, menginisiasi kolaborasi dan membangun karier.

Ketua Panitia TPN Pusat, Adelina Anggraini memastikan kegiatan ini akan dilaksanakan pada 50 daerah di seluruh Indonesia dan melibatkan 2.000 pembicara. Dihadiri 30 ribu guru dan pemimpin pendidikan dari 154 daerah pada 20 Negara.

Baca Juga : Temu Pendidik Nusantara Raih Nominasi UNESCO Hamdan Prize For Teacher Development 2024 di Paris

“Melalui modul-modul program Temu Pendidik Nusantara 9 di aplikasi (sekolah.mu) kami berharap merdeka belajar akan hadir di ruang-ruang kelas dan memberi dampak luas bagi pendidikan anak bangsa Indonesia menjadi lebih aplikatif, lebih beragam, dan lebih Berdampak, sehingga bermanfaat pada murid untuk perubahan pendidikan Indonesia,” ujarnya.

Usman Djabbar, selaku Ketua Umum Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN), dalam sambutannya menyampaikan bahwa merdeka belajar yang dilakukan d ruang kelas akan menjawab kegelisahan loss generation yang selama ini dikhawatirkan.

“Sekarang ini tugas sekolah adalah memberikan kesempatan kepada siswa-siswi nya untuk bisa turut mengambil peran dalam eksosistemnya masing-masing, bukan hanya sekedar bagaimana menghafal,” tambahnya.

Baca Juga : Temu Pendidik Nusantara XI Gelar Kelas Transformasi Digital Bersama Google

Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril mengungkapkan, Sekolah Islam Athirah akan selalu turut serta berperan dalam upaya mendukung guru-guru dimanapun untuk menghadapi perubahan yang dinamis.

“Gerakan yang dapat memberikan dampak yang signifikan adalah gerakan kolaborasi antara para pemimpin yang mampu menggerakkan perubahan, bukan sekedar menjadi pemimpin sebagai jabatan semata,” tambahnya.

TPN 9 Kota Makassar menghadirkan 50 guru pembicara kelas kemerdekaan dengan berbagai tema aktual yang sesuai kebutuhan belajar guru. Mulai dari praktik baik menggunakan game dalam pembelajaran hingga bagaimana memanfaatkan kemampuan menulis untuk meniti karir profesional sebagai guru penulis.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...