Logo Sulselsatu

Temu Pendidik Nusantara 9 Sukses di Makassar, Dihadiri 500 Peserta

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 09 Agustus 2022 17:16

Temu Pendidik Nusantara sukses digelar di Makassar (dokumen: ist).
Temu Pendidik Nusantara sukses digelar di Makassar (dokumen: ist).

SULSELSATU.com, MAKASSARTemu Pendidik Nusantara (TPN) 9 suksek digelar di Kota Makassar. Kegiatan ini melibatkan 500 peserta secara online dan offline di Sekolah Islam Athirah Kajaolalido, Minggu, (7/8/2022).

Kegiatan ini merupakan konferensi pendidikan yang mempersatukan guru, manajemen sekolah, dan semua pemangku kepentingan ekosistem pendidikan dalam skala nasional dan internasional. Hal ini untuk mengekspresikan kemerdekaan belajar, mengembangkan kompetensi, menginisiasi kolaborasi dan membangun karier.

Ketua Panitia TPN Pusat, Adelina Anggraini memastikan kegiatan ini akan dilaksanakan pada 50 daerah di seluruh Indonesia dan melibatkan 2.000 pembicara. Dihadiri 30 ribu guru dan pemimpin pendidikan dari 154 daerah pada 20 Negara.

Baca Juga : Temu Pendidik Nusantara XI Gelar Kelas Transformasi Digital Bersama Google

“Melalui modul-modul program Temu Pendidik Nusantara 9 di aplikasi (sekolah.mu) kami berharap merdeka belajar akan hadir di ruang-ruang kelas dan memberi dampak luas bagi pendidikan anak bangsa Indonesia menjadi lebih aplikatif, lebih beragam, dan lebih Berdampak, sehingga bermanfaat pada murid untuk perubahan pendidikan Indonesia,” ujarnya.

Usman Djabbar, selaku Ketua Umum Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN), dalam sambutannya menyampaikan bahwa merdeka belajar yang dilakukan d ruang kelas akan menjawab kegelisahan loss generation yang selama ini dikhawatirkan.

“Sekarang ini tugas sekolah adalah memberikan kesempatan kepada siswa-siswi nya untuk bisa turut mengambil peran dalam eksosistemnya masing-masing, bukan hanya sekedar bagaimana menghafal,” tambahnya.

Baca Juga : Temu Pendidik Nusantara XI Sukses Digelar di Sekolah Islam Athirah

Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril mengungkapkan, Sekolah Islam Athirah akan selalu turut serta berperan dalam upaya mendukung guru-guru dimanapun untuk menghadapi perubahan yang dinamis.

“Gerakan yang dapat memberikan dampak yang signifikan adalah gerakan kolaborasi antara para pemimpin yang mampu menggerakkan perubahan, bukan sekedar menjadi pemimpin sebagai jabatan semata,” tambahnya.

TPN 9 Kota Makassar menghadirkan 50 guru pembicara kelas kemerdekaan dengan berbagai tema aktual yang sesuai kebutuhan belajar guru. Mulai dari praktik baik menggunakan game dalam pembelajaran hingga bagaimana memanfaatkan kemampuan menulis untuk meniti karir profesional sebagai guru penulis.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...
Olahraga21 Juli 2024 21:54
Resmi Berakhir, 2.145 Atlet Sukseskan Pekan Olahraga NIPAH 2024
Pekan Olahraga NIPAH (PON) 2024 berakhir dengan sukses. PON 2024 ditutup secara resmi pada hari Minggu (21/7/2024) di Rooftop Garden NIPAH PARK....