Logo Sulselsatu

Gowa Terima Penghargaan Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dari BKN

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Selasa, 20 September 2022 22:30

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan terima penghargaan dari BKN Award 2022 (dokumen: ist)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan terima penghargaan dari BKN Award 2022 (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada BKN Award 2022 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulsel, Selasa (20/9/2022).

Penghargaan yang diterima pada Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan Computer Assisted Test (CAT) Pemerintah Kabupaten Wilayah Tengah Tipe Besar.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf kepada seluruh penerima award khususnya pada Wilayah Regional IV BKN yang didalamnya termasuk Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Pemkab Gowa Bersama Divif 3 Kostrad Kolaborasi Turunkan Angka Stunting

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil implementasi program nasional, dan Kabupaten Gowa berhasil menindaklanjuti itu bahkan termasuk salah satu kabupaten yang memiliki progres tercepat mengikuti sistem tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapat penghargaan dari BKN, ini tentu menandakan Gowa sebagai kabupaten yang cepat dan mampu mengikuti sistem yang diterapkan oleh nasional,” ungkapnya.

Adapun indikator penilaian yang digunakan yakni komitmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan penetapan digitalisasi dalam pengelolaan kepegawaian, ketetapan waktu pengusulan mutasi dan proses kenaikan pangkat dengan sistem digital.

Baca Juga : Inovasi PPM Bidang Kesehatan PT Vale Raih Penghargaan Subroto Award

“Dengan diterapkannya sistem ini, maka kita bisa semakin menuju pada keterbukaan informasi, khususnya dalam menentukan pejabat yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” sebut Adnan.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Irawati Sir Idar mengatakan, salah satu faktor Gowa mampu meraih penghargaan ini yakni dalam pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) pada seleksi CPNS di Kabupaten Gowa hampir tidak memiliki permasalahan.

“Artinya penyediaan data di Kabupaten Gowa cukup bagus dan tersedia untuk pemenuhan CAT apabila data dibutuhkan, bahkan dalam pelaksanaan CAT pada seleksi CPNS kemarin kita tidak memiliki masalah apapun jika dibandingkan beberapa daerah lainnya,” katanya

Baca Juga : Jadi Wakil Indonesia, Konsep Jaringan Green 5G XL Axiata dan Huawei Raih Penghargaan TM Forum 2022 Catalyst Awards

Sementara Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf menyebutkan ada tiga kategori yaitu Kategori Utama terkait Implementasi Manajemen ASN dengan melihat sejauh mana instansi menerapkan NSPK Manajemen ASN.

“Tujuan utama penghargaan ini agar pelayanan kepegawaian mulai dari penyusunan rencana, proses rekrutmen, pelayanan mutasi, rotasi, sampai pensiun bisa dilaksanakan dengan baik sampai tidak ada komplain oleh pegawai atau masyarakat,” sebutnya.

Olehnya ia berharap seluruh penerima penghargaan bisa meningkatkan implementasi sejumlah elemen sesuai kategori yang ada dan mampu meningkatkan hingga ke kategori utama yakni Manajemen ASN.

Baca Juga : Jadi Wakil Indonesia, Konsep Jaringan Green 5G XL Axiata dan Huawei Raih Penghargaan TM Forum 2022 Catalyst Awards

“Selamat kepada seluruh penerima yang berhasil mengimplementasikan sejumlah elemen, keberhasilan ini bukanlah akhir karena masih banyak peluang terutama untuk ke level utama,” harapnya.

 Komentar

 Terbaru

Video06 Oktober 2022 20:06
VIDEO: Tembok MTSN 19 Pondok Labu Roboh saat Banjir, 3 Siswa Dikabarkan Meninggal
SULSELSATU.com – Banjir terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Kamis (6/10) sore. Hingga mengakibatkan tembok MTSN 19 Pondok Labu, Insiden rob...
OPD06 Oktober 2022 20:04
Program Ipal Komunal Pemkot Makassar Jadi Percontohan di Indonesia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar melakukan rapat bersama T...
Nasional06 Oktober 2022 19:08
Dukung Pengurangan Emisi, Program BRI Menanam Proyeksikan Penyerapan Karbon Hingga 108 Ribu Ton CO2
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) turut ambil bagian dalam mendukung ketahanan iklim melalui penyerapan emisi karbon. Sal...
Makassar06 Oktober 2022 18:56
Fatmawati Rusdi Buka High Level Meeting TPID Kota Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam mengendalikan laju infla...