Logo Sulselsatu

Bupati Gowa: Program MUI Gowa Sebaiknya Jadi Rujukan Pembangunan Daerah di Sektor Keagamaan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 24 September 2022 22:15

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sata hadir dalam Raker Pengurus MUI (dokumen: ist)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sata hadir dalam Raker Pengurus MUI (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, GOWA – Program-program yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa diharapkan mampu disinergikan atau menjadi rujukan bagi pembangunan daerah di sektor keagamaan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, di era kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni memprioritaskan program pada sektor keagamaan. Peran MUI pun dinilai sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program tersebut.

Ia berharap, melalui rapat kerja (raker) yang digelar MUI Kabupaten Gowa saat ini mampu memberikan referensi dan rekomendasi untuk program keagamaan Pemkab Gowa di tahun mendatang.

Baca Juga : Beautiful Malino Masuk Kalender KEN Kemenparekraf 2023, Pelaksanaan Kembali Dijadwalkan

“Kita harap program MUI bisa menjadi rekomendasi atau referensi bagi pemerintah daerah untuk menjadi rujukan dalam program pembangunan di 2023 mendatang,” katanya saat hadir dalam raker Pengurus MUI Gowa Masa Khidmat 2022-2027 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Sabtu (24/9/2022).

Adnan mengaku, di era saat ini memang sangat dibutuhkan kolaborasi dalam membangun suatu daerah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berharap kolaborasi dengan MUI dapat terus terjalin untuk bisa mengakomodir program-program yang memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, khususnya umat muslim di masa mendatang.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kepada kerja-kerja MUI, pihaknya berencana akan membangunkan kantor sekretariat. Pembangunannya akan menggunakan APBD Perubahan Tahun 2022.

Baca Juga : Bupati Gowa Instruksikan Bapenda dan Perusda Genjot Potensi PAD

Lanjut Adnan, Pemkab Gowa saat ini memiliki program pendidikan dan keagamaan yang membutuhkan dukungan dari MUI. Menurutnya, program ini menjadi hal yang sangat penting dalam pembangunan daerah.

“Dalam sebuah literatur disebutkan bahwa Rasulullah SAW membangun peradaban dengan tiga cara yaitu, pendidikan, ketakwaan dan integritas,” sebutnya.

Ia menjelaskan, salah satu program pendidikan dan keagamaan Pemkab Gowa yang dicanangkan adalah Program Mahasantri atau Satu Hafidz Satu Desa dan Kelurahan. Program ini menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Baca Juga : Bupati Adnan Ajak ASN Gowa Jadi Panutan Pelaporan SPT Tahunan Bagi Masyarakat

“Itulah kenapa di periode kedua saya bersama Wakil Bupati Gowa menjadikan Keagamaan menjadi program prioritas. Oleh karena itu, saya mengajak MUI Kabupaten Gowa untuk bisa terlibat mendukung dan berkontribusi agar betul-betul pendidikan di Kabupaten Gowa berjalan sesuai dengan koridor-koridor,” harapnya.

Sementara, Ketua MUI Kabupaten Gowa, KH. Abubakar Paka dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terutama Pemkab Gowa yang selama ini membantu dan mendukung penyelenggaraan kegiatan MUI Kabupaten Gowa.

“Tentu lebih khusus kepada Bapak Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa yang banyak membantu mulai dari Musda sampai pengukuhan dan raker pada hari ini. Semoga Bapak Bupati dan seluruh jajaran senantiasa sehat dan sukses dibawa lindungan Allah SWT,” ucapnya.

Baca Juga : Bupati Adnan Ajak ASN Gowa Jadi Panutan Pelaporan SPT Tahunan Bagi Masyarakat

KH Abubakar Paka berharap kepada seluruh pengurus MUI Kabupaten Gowa yang baru saja dikukuhkan untuk bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya sebagai pengayom umat dan mitra pemerintah.

“Dengan pengukuhan ini, bapak ibu dan kawan-kawan semuanya mari kita siap untuk mengemban amanah yang ada di atas pundak kita,” harapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Februari 2023 23:10
VIDEO: Nanas Unik, Punya 13 Buah dalam Satu Pohon
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan pohon nanas unik. Video tersebut diduga terjadi di Sumatera. Dalam video terlihat pohon nanas un...
Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...
Video01 Februari 2023 21:01
VIDEO: Pare-pare Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Titik Tergenang Banjir
SULSELSATU.com, PARE-PARE – Kota Pare-pare banjir akibat dilanda hujan dengan itensitas sedang hingga lebat, Rabu (1/2) malam. Dalam video terli...