Logo Sulselsatu

Terapkan Good Mining Practices, PT Vale Boyong 4 GMP Award Kementerian ESDM

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 29 September 2022 23:03

PT Vale mendapat penghargaan atas penerapan good mining practice (dokumen: ist)
PT Vale mendapat penghargaan atas penerapan good mining practice (dokumen: ist)

SULSELSATU.com – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam beroperasi dengan menerapkan Good Mining Practices (GMP) atau praktik pertambangan yang baik mendapat apresiasi dari pemerintah.

Beroperasi selama lebih dari 54 tahun di area operasional, PT Vale mendapat penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM).

PT Vale mendapat penghargaan Good Mining Practices Award 2022. Penghargaan tahun ini, adalah untuk yang ketiga kalinya PT Vale peroleh.

Baca Juga : Formal Komitmen Siap Kolaborasi Bersama PT Vale Terkait Penyelesaian Konflik Tanamalia

Penyerahan penghargaan atas komitmen terhadap Good Mining Practices diterapkan PT Vale di area operasional tambang berlangsung di Hotel Bidakara, Kamis (29/9/2022).

Pada perhelatan tersebut, PT Vale memboyong empat penghargaan GMP Award Kementerian ESDM. Penghargaan yang diraih PT Vale yakni Trophy Pengelolaan Lingkungan dari Kelompok Badan Usaha Pertambangan Pemegang Kontrak Karya (KK), dan Penghargaan Aditama – Aspek Pengelolaan Teknik Pertambangan, Penghargaan Aditama – Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan dan Penghargaan Aditama – Aspek Penerapan Konservasi Mineral dan Batubara.

Deretan penghargaan tersebut diserahkan oleh Staf Khusus bidang Tata Kelola Minerba Kementerian ESDM Irwandi Arif dan para Direktur di Dirjen Minerba.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Mengedepankan ESG

Penghargaan Good Mining Practices ini melibatkan tiga tahapan penilaian yang diikuti oleh 19 badan usaha kontrak karya, 54 badan usaha PKP2B, 52 perusahaan IUP PMA, 1.443 perusahaan PMDN, 18 peruashaan IUPK BUMN, dan 174 perusahaan IUJP.

Aspek penilaian antara lain seperti teknis pertambangan minerba, pengelolaan keselamatan, pengelolaan lingkungan hidup, penerapan konservasi, dan pengelolaan jasa pertambangan minerba.

Aditama emas diberikan kepada perusahaan yang memiliki nilai tertinggi pada masing-masing kategori. Kategori pemenang lainnya adalah Penghargaan Utama, dan Penghargaan Pratama.

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik pertambangan yang Baik merupakan apresiasi oleh Pemerintah kepada pelaku kegiatan pertambangan mineral dan batubara yang berhasil menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

CEO PT Vale, Febriany Eddy menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dari pemerintah. “Terima kasih atas penghargaan ini, tentunya semua ini terwujud atas dukungan dari karyawan, rekan usaha PT Vale, serta tentunya dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah,” ujarnya.

Dia menuturkan, jika penghargaan yang diraih semakin memacu perseroan dalam untuk terus teguh dalam menerapkan kaidah pertambangan yang baik, hal ini juga sejalan dengan nilai-nilai perseroan menghargai bumi dan masyarakat.

Baca Juga : PT Vale Bagi Bingkisan kepada 500 Anak Yatim dan 100 Panti Asuhan

“Kesadaran untuk menjaga bumi adalah tanggung jawab kita semua. Bagi kami pengelolaan lingkungan yang baik bukan merupakan opsi melainkan suatu keharusan dan wujud tanggung jawab perusahaan terhadap para pemangku kepentingan serta lingkungan. Kami ada untuk meningkatkan kehidupan dan mengubah masa depan. Bersama,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel
Halaman

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik28 Maret 2024 20:20
Cicu Klaim Fatmawati Rusdi Bakal Diusung NasDem Maju Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem menyiapkan satu nama untuk didorong maju Pilwali Makassar 2024. Dia adalah Fatmawati Rusdi. Hal itu diu...
Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....