Logo Sulselsatu

Inovasi PPM Bidang Kesehatan PT Vale Raih Penghargaan Subroto Award

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 04 Oktober 2022 21:50

Penerimaan penghargaan inovasi PPM bidang kesehatan PT Vale Subroto Award 2022 (dokumen: ist)
Penerimaan penghargaan inovasi PPM bidang kesehatan PT Vale Subroto Award 2022 (dokumen: ist)

SULSELSATU.com – Upaya PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam membangun kemandirian masyarakat di area operasional lewat berbagai program sosial mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

PT Vale berhasil memenangkan Subroto Award 2022 kategori komoditi mineral Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) terinovatif bidang kesehatan.

Subroto Award ini adalah penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bertepatan dengan peringatan hari jadi pertambangan dan energi yang ke-77.

Baca Juga : Formal Komitmen Siap Kolaborasi Bersama PT Vale Terkait Penyelesaian Konflik Tanamalia

Tahun 2022 merupakan tahun kelima penyelenggaraan Subroto Award, merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada para stakeholder yang berkontribusi dengan prestasi luar biasa dalam memajukan pembangunan melalui sektor ESDM.

Pengumuman penghargaan disampaikan pada Selasa (4/10/2022). Pada sambutannya, Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan, ajang penghargaan Subroto Award 2022 ini diberikan kepada 54 pemenang dari 13 kategori.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh penerima Subroto Award 2022. Semoga prestasi, sumbangsih tanpa pamrih Anda sekalian dapat memajukan bangsa kita. Mari tetap memantapkan niat, inovasi dan kontribusi kita untuk berkarya di sektor ESDM,” ujarnya.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Mengedepankan ESG

Director External Relations & Corporate Affairs PT Vale, Endra Kusuma menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut.

Kata dia, penghargaan yang diraih ini tidak lepas dari dukungan seluruh pihak, yakni Pemkab dan masyarakat Luwu Timur serta manajemen PT Vale.

“Terima kasih kepada pemerintah atas apresiasinya. Penghargaan ini adalah amanah sekaligus tantangan untuk terus bersinergi dan berinovasi dalam turut membangun komunitas yang berdaya dan mandiri. Ini juga sejalan dengan misi PT Vale yang kehadirannya mengubah sumberdaya alam untuk kemakmuran & pembangunan berkelanjutan. Bersama,” ungkapnya.

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

Salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat PT Vale yang inovatif dalam ajang ini, yaitu program Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) berbasis herbal yang disinergikan dengan program Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan tradisional (yankestrad), diintegrasikan dengan strategi promotive dan preventif kesehatan masyarakat melalui kolaborasi dengan para hatra (penyehat tradisional) dan asuhan mandiri (asman) di Puskesmas setempat.

Sebagi upaya menjamin keberlanjutan program, PT Vale memfasiltiasi pembangunan sarana layanan Panti Sehat yang dikelola para penggiat Himpunan Penggiat Herbal Organik (HIPHO) yang telah terlatih sejak tahun 2016 dan tersertifikasi BNSP.

Kepesertaan dan penerima manfaat program, tergabung dalam HIPHO ini 95,7 persen diantaranya merupakan perempuan dan tersebar di 38 desa/kelurahan dan empat kecamatan di lingkar tambang PT Vale.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...