Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Gandeng KALLA Learning Center Sukseskan Dispora UMKM Academy 2022

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 01 November 2022 19:57

Pemkot Makassar gandeng KALLA Learning Center sukseskan UMKM Academy 2022 (dokumen: istimewa).
Pemkot Makassar gandeng KALLA Learning Center sukseskan UMKM Academy 2022 (dokumen: istimewa).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama KALLA Learning Center (KLC) menggelar Dispora UMKM Academy 2022. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Royal Bay selama enam hari, 31 Oktober-5 November 2022.

People Operation Division Head KALLA, Muhammad Syauki mengapresiasi program Dispora Makassar untuk mencipatakan UMKM yang kompetitif dan berkelanjutan. Indonesia bisa melalui berbagai krisis karena UMKM yang kuat.

“Kita sebagai warga Makassar sangat beruntung karena pemerintah kita sangat memperhatikan keberlangsungan UMKM. Bukan hanya didorong untuk membangun usaha di awal saja, tetapi dipastikan bagaimana usaha itu ada bisa bertahan dan berkembang hingga memberikan sumbangsih yang besar,” ungkapnya.

Baca Juga : Tekan Inflasi Lewat Cabai dan Bawang, Pemkot Makassar Bagikan Satu Juta Polibag

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, 90 persen kegiatan usaha di Indonesia merupakan UMKM. Salah satu survei World Economic Forum juga mencatat 35,5 persen pemuda ingin membuka usaha.

Namun, sayangnya, survei dari Asian Development Bank mengatakan, 50 persen UMKM tutup di tahun pertamnya. Kemudian, penelitian lainyya di salah satu universitas di Amerika mencatat bahwa setiap adanya 10 bisnis berjalan setelah tiga tahun, hanya sekitar 20-30 persen yang bisa bertahan.

KALLA Learning Center Department Head, Rusli Manaf mengungkapkan, permasalahan yang paling sering muncul adalah kurangnya persiapan dan pengetahuan terkait soft skill, hard skill dan kompetensi yang membuat pelaku usaha bisa sustain dari tahun ke tahun.

Baca Juga : Helmy Budiman Tegaskan Musrenbang Kecamatan Berbasis Kegiatan Prioritas

“Oleh karena itu, KALLA yang sudah berusia 70 tahun melalui KALLA Learning Center berusaha memberikan sumbangsih bersama Pemerintah Kota Makassar untuk membekali pengusaha muda dalam Dispora UMKM Academy. Kami menyiapkan 6 level untuk skill up di dalamnya, yaitu Basic Level, 1.0 Level, 2.0 Level, 3.0 Level, 4.0 Level dan 5.0 Level, mulai dari tahap mengenal diri, tahap ekspansi dan presentasi hingga tahap untuk mendapatkan investor yang lebih besar,” jelas Rusli.

Sementara itu, Sekretaris Dispora Kota Makassar, Andi Tenri A Waru Natsir mengungkapkan, potensi pemuda untuk melakukan kativitas UMKM sangat besar. Salah satunya, didorong untuk berbisnis melalui program Lorong Wisata.

“Kita juga mengadakan kegiatan seperti ini (Dispora UMKM Academy) untuk bisa lebih bisa mengangkat potensi UMKM. Bagaimana kita bisa belajar dengan baik dan memfokukskan diri untuk mengembangkan usaha,” ujarnya

Baca Juga : Danny Dukung Program Sudirman Loop sebagai Sistem Transportasi Antarmoda Baru

Kepala Bidang Pengembangan Dispora Makassar, Dee Dahyar, menambahkan, Dispora UMKM Academy ddikuti 30 pelaku UMKM usia 16-30 tahun yang telah melalui proses screening. Sebelumnya, terdapat 400 peserta yang mengikuti seleksi.

“Kegiatan ini pertama kalinya kita laksanakan. Kita banyak berdiskusi dengan KALLA Learning Center sebagai strategic partner, bagaimana meningkatkan kapasitas UMKM binaan Dispora. Akhirnya, kita menghasilkan modul training untuk skill up yang akan dibagikan selama 6 hari ini,” ungkapnya.

Kalla Learning Center sebagai lembaga pelatihan dan pengembangan saat ini dan ke depannya akan terus memberikan pelayanan dalam meningkatkan kompetensi SDM serta konsultasi dalam membangun kinerja bisnis dan perusahan secara maksimal untuk masyarakat, khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Indonesia secara umum.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar01 Februari 2023 23:31
Mengenal Apa itu Tokomoditi? Program Pemkot Makassar untuk Kendalikan Inflasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kembali menggagas inovasi Tokomoditi yang rencanaya di tempatkan di sejumlah kelurah...
Video01 Februari 2023 23:10
VIDEO: Nanas Unik, Punya 13 Buah dalam Satu Pohon
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan pohon nanas unik. Video tersebut diduga terjadi di Sumatera. Dalam video terlihat pohon nanas un...
Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...