Logo Sulselsatu

Kemenangan Kotak Kosong Pada Pilwali 2018 Lalu, Danny Pomanto: Makassar Pemilih Cerdas

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 14 November 2022 16:48

Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat menghadiri MUSRA (Musyawarah Daerah) II Indonesia di Celebes Convention Center (dokumen: istimewa).
Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat menghadiri MUSRA (Musyawarah Daerah) II Indonesia di Celebes Convention Center (dokumen: istimewa).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kemenangan kotak kosong pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar 2018 lalu menjadi sejarah penting bagi dinamika politik di Indonesia untuk pertama kali. Fenomena ini juga sekaligus menjadi suatu anomali politik yang aneh tapi nyata.

Kemenangan kotak kosong yang fenomenal di Pilwali Makassar 2018 lalu tidak lepas dari keterlibatan multi-aktor untuk kepentingan yang berbeda-beda.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto percaya bahwa masyarakat Makassar merupakan pemilih cerdas, yang menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani mereka.

Baca Juga : Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia

Hal tersebut disampaikan Danny Pomanto saat menghadiri MUSRA (Musyawarah Daerah) II Indonesia yang digelar di Celebes Convention Center, pada hari Sabtu (12/11/2022).

“Di Makassar ada kisah kotak kosong. Fenomena kotak kosong yang menunjukkan bagaimana masyarakat memilih pemimpin sesuai dengan keinginan dan harapannya” ucap Danny Pomanto

Kemenangan kotak kosong pada Pilwali Makassar 2018 lalu, sekaligus merefleksikan beberapa catatan kritis antara lain sikap politik pemilih sangat sulit ditebak, bahkan bisa terkonsolidasi sebagai kekuatan tersembunyi yang marah atas buruknya sistem di partai politik.

Baca Juga : Danny Pomanto Optimis Diusung PKB Maju Pilgub Sulsel 2024

“Jadi suara rakyat di Kota Makassar sudah tidak diragukan. Mereka akan memilih pemimpinnya dengan kriteria sesuai standarnya,” jelas Danny.

Danny Pomanto tidak hanya menyinggung keberhasilan kotak kosong pada pemilihan kepala daerah di Makassar beberapa tahun lalu. Namun, Dia Juga mengikatkan warga masyarakat memilih pemimpin yang akan memimpinnya.

“MUSRA ini acaranya rakyat Indonesia. Inilah saatnya kita menentukan pilihan untuk 5 tahun ke depan. Bagaimana karakter pemimpin yang rakyat inginkan dan apa saja harapannya untuk bangsa Indonesia. Kemukakan saja apa curhatannya di sini. Ini acaranya rakyat, manfaatkan, inilah MUSRA,” tegas Danny.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Muhammad Junaedi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...