Logo Sulselsatu

Program PLN Peduli Bantu UMKM Tingkatkan Produksi dan Dapatkan Sertifikasi Halal

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 16 November 2022 17:00

Kelompok tani budadaya rumput laut yang mendapatkan bantuan dari program PLN Peduli (dokumen: istimewa)
Kelompok tani budadaya rumput laut yang mendapatkan bantuan dari program PLN Peduli (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com – PT PLN (Persero) terus mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu yang dilakukan PLN adalah memberikan bantuan demi pengembangan usaha.

PLN memberikan bantuan pengembangan budidaya rumput laut Kelompok Usaha bersama Muhsin An-Nur dan budidaya jamur tiram untuk Kelompok Wanita Tani di Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ketua Kelompok Usaha Bersama Muhsin An-Nur Sagana menjelaskan sejak menerima bantuan di akhir Oktober 2022, area budidaya rumput laut semakin luas.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Galakkan Penggunaan Produk Lokal

“Tadinya luas lahan yang kami budidayakan hanya setengah hektar kini meningkat drastis menjadi satu setengah hektar. Kami optimis produksi juga meningkat,” ujar Sagana.

Sagana menjelaskan, rumput laut merupakan salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan sebagai bahan baku produk makanan, kesehatan, kosmetik. Oleh karena itu rumput laut merupakan komoditas yang mampu mendatangkan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, PLN juga memberikan bantuan kepada UMKM Kelompok Wanita Tani Budidaya Jamur Tiram. Merupakan kelompok wanita tani yang mengembangkan produk jamur tiram.

Baca Juga : BRI Microfinance Outlook 2023: Peran Strategis BRI Akselerasi Inklusi Keuangan dan Praktik ESG di Indonesia

Ketua Kelompok Wanita Tani Budidaya Jamur Tiram Hanifatun menyampaikan kelompok taninya melahirkan inovasi baru yang menambah kekayaan jenis komoditas pertanian di Desa Parura Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan, Kabupaten Muna Barat dengan membudidayakan jamur tiram.

“Alhamdulillah setelah mendapatkan bantuan PLN Peduli UMKM kami juga telah mendapatkan sertifikasi halal,” ujar Hanifatun.

Di samping itu ia menjelaskan bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekspansi kandang jamur tiram untuk meningkatkan produksi jamur dan kesejahteraan anggota kelompok.

Baca Juga : Pemkab Gowa Bersama PT PNM Kerja Sama Tingkatkan Kualitas UMKM

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch. Andy Adchaminoerdin menyatakan PLN akan senantiasa mendukung kebangkitan UMKM terutama dalam masa pemulihan perekonomian di tengah kondisi pasca pandemi Covid-19 ini.

“Kami bersyukur, bantuan yang kami berikan membawa dampak positif bagi UMKM dan semoga dapat meningkatkan produktifitas UMKM dan taraf ekonomi masyarakat,” tandas Andy.

“PLN berkomitmen untuk menghasilkan Creating Share Value (CSV) yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs) dalam peningkatan perekonomian yang dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Bersama PT PNM Kerja Sama Tingkatkan Kualitas UMKM

Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...
Video01 Februari 2023 21:01
VIDEO: Pare-pare Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Titik Tergenang Banjir
SULSELSATU.com, PARE-PARE – Kota Pare-pare banjir akibat dilanda hujan dengan itensitas sedang hingga lebat, Rabu (1/2) malam. Dalam video terli...
Video01 Februari 2023 19:43
VIDEO: Truk Trailer Tabrak Jembatan di Burau Luwu Timur
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Satu unit truk trailer menabrak jembatan Lepa-lepa, Kecamatan Burau, Luwu Timur. Kejadian tersebut terjadi pada Sel...