Logo Sulselsatu

Kemenkumham Sulsel Bentuk Satgas Tanggap Darurat Bencana

Asrul
Asrul

Sabtu, 19 November 2022 23:13

Kemenkumham Sulsel Bentuk Satgas Tanggap Darurat Bencana

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menyikapi anomali cuaca yang cukup ekstrim, Kepala Kantor Wilayah Kementerinan Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak bentuk Satuan Petugas (Satgas) tanggap darurat bencana.

Tim ini dibentuk pada Rapat yang digelar Kakanwil bersama para Kepala Divisi dan Pejabat Pengawas di Ruang Rapat Kantor Wilayah, Sabtu (19/11/2022).

Memimpin Rapat, Kakanwil menyampaikan bahwa peran dari tim ini untuk melakukan penanganan terhadap adanya bencana pada Satuan Kerja dan pegawai di sekitar Satker lingkup Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Gandeng Bea Cukai Lakukan Operasi Gabungan di Pelabuhan Soekarno Hatta

“Tim ini juga akan melakukan inventarisir dan melakukan manajemen resiko terhadap pencegahan bencana di seluruh satuan kerja di Sulawesi Selatan. Selain itu, tim ini akan menghimpun bantuan kepada yang terdampak bencana baik berupa dana dan kebutuhan primer atau sekunder,” ungkap Liberti.

Lebih lanjut, Kakanwil mengatakan, tim ini yang akan melakukan koordinasi dan kolaborasi yang intens dengan intansi terkait seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta dengan Kepolisian terkait penanganan dan pencegahan gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) pada Lapas/Rutan.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi, Sirajuddin menyampaikan bahwa pembentukan ini memang sangat penting dan menjadi antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika terjadi bencana.

Baca Juga : Hebat! Menkumham Ganjar 3 Penghargaan Kekayaan Intelektual ke Kanwil Kemenkumham Sulsel

“Jadi intinya, kita sedia payung sebelum terjadi hujan yang artinya mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah sebelum itu terjadi,” kata Sirajuddin.

Kadiv Administrasi juga menegaskan agar jajaran pegawai Kemenkumham se-Sulsel untuk saling membantu dan saling bahu-membahu jika ada yang terdampak bencana.

Secara kolektif, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sulsel, Nur Ichwan dipilih menjadi koordinator tim. Tim Bawah Kendali Operasional (BKO) Kanwil Sulsel disiagakan untuk siap sedia melakukan penanganan bencana di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham se-Sulsel.

Baca Juga : Wamenkumham Serap Aspirasi Mahasiswa Unhas Terkait RUU KUHP

Selain itu, Para Kepala UPT juga diminta untuk membuat Tim Penanganan Bencana di daerah-daerah dan Kakanwil memerintahkan agar mereka intens melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video26 November 2022 19:24
VIDEO: Sejumlah Masjid Rusak, Warga Korban Gempa Cianjur Jumatan di Tengah Reruntuhan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan pengungsi korban gempa Cianjur melaksanakan salat Jumat diantara reruntuhan bangunan. Warga melaksa...
Pendidikan26 November 2022 19:23
Finalis Academic Leader 2022, Rektor UNM Buktikan Sebagai Pemimpin Segudang Prestasi
SULSELSATU.com, JAKARTA – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, saat ini tengah mengikuti proses kegiatan Rektor Academic...
Video26 November 2022 17:40
VIDEO: Viral, Sekelompok Orang Rusak Banner Gereja Reformed Injili di Tenda Pengungsian Korban Gempa
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sekelompok orang copot papan nama gereja Reformed Injili Indonesia untuk korban pengungsi gempa Cia...
News26 November 2022 16:14
Lewat Global IT Challengen (GITC) 2022, LG Berdayakan Generasi Muda Disabilitas
LG berdayakan anak muda disablitas...