Logo Sulselsatu

PT Vale Ikut Lestarikan Kebudayaan Lokal Lewat Festival Budaya Morowali

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 22 November 2022 13:33

Lomba gasing di Festival Budaya Morowali (dokumen: istimewa)
Lomba gasing di Festival Budaya Morowali (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MOROWALIPT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Geresa, Kolono, dan Unsongi menyelenggarakan Festival Budaya Morowali.

Festival ini digelar menyambut HUT ke-23 Kabupaten Morowali. Para peserta berasal dari 13 desa lingkar tambang di Kecamatan Bungku Timur dan Kecamatan Bahodopi.

Beragam lomba dihadirkan dalam acara tersebut, di antaranya liga gasing, lomba dayung, dan lomba tari luminta yang akan berlangsung mulai 19 November-3 Desember 2022.

Baca Juga : Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru

Penyelenggaraan lomba tersebut dilakukan di sejumlah desa, ada di Desa Geresa, Desa Unsongi dan Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur.

Sekretaris Dewan DPRD Kabupaten Morowali Ruhban menyampaikan terima kasih kepada PT Vale atas kepedulian terhadap kelestarian budaya di wilayah operasinya. Di zaman sekarang budaya leluhur nyaris tidak diperhatikan lagi.

“Padahal nilai-nilai budaya itu sangat penting untuk menjaga akhlak masyarakat utamanya anak anak kita,” katanya saat membuka festival tersebut.

Baca Juga : Formal Komitmen Siap Kolaborasi Bersama PT Vale Terkait Penyelesaian Konflik Tanamalia

Sementara itu, Kepala Desa Geresa Asnan As’ad menyampaikan pelaksanaan ini wujud kerja sama yang baik antara pemerintah desa, pemuda dan korporasi.

“Kami butuh dukungan penuh kepada pemerintah daerah dalam melahirkan budaya yang sudah lama tidak dibudidayakan. Kegiatan ini adalah awal mula kami bekerjasama dengan PT Vale Indonesia dalam mendukung program sosial budaya. Kami berharap PT Vale Indonesia Tbk secepatnya melakukan aktivitas, inilah yang dibutuhkan masyarakat adalah mempekerjakan mereka,” harapnya.

IGP Director site Morowali PT Vale Indonesia Topan Prasetyo mengatakan terlaksananya Festival Budaya ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat dibidang pelestarian kebudayaan lokal area operasi PT Vale.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Mengedepankan ESG

“Dan ini akan menjadi agenda rutin tahunan PT Vale Indonesia,” ujarnya.

Topan menerangkan, hadirnya kegiatan ini tak lepas dari dukungan pemerintah desa dan pemuda di wilayah pemberdayaan. Para kepala desa dan karang taruna ikut andil dalam menyukseskan Festival Budaya Morowali.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...