Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Lakukan Perekaman Data e-KTP di Lapas

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 11 Maret 2023 18:08

Perekaman data e-KTP Pemkot Parepare di Lapas (dokumen: istimewa)
Perekaman data e-KTP Pemkot Parepare di Lapas (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan sosialisasi dan perekaman data e-KTP bagi WBP yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Parepare, Sabtu (11/3/2023).

Sebelum perekaman, Petugas Disdukcapil Parepare Syah Risal memberikan sosialisasi tentang layanan teknologi informasi identitas kependudukan digital kepada petugas Lapas.

“Untuk mengaktivasi identitas kependudukan digital ini dapat dilakukan dengan mengunggah aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui Play Store atau Google Play pada Smart Phone,” ujarnya.

Baca Juga : Disdukcapil Gowa Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Lewat Perekaman e-KTP Pemula

Syah Risal menjelaskan, ada enam menu dalam aplikasi identitas kependudukan digital seperti data keluarga, dokumen, tanda tangan elektronik, pelayanan, pemantauan pelayanan, riwayat aktivitas, dan pengaturan.

Kepala Lapas Parepare Totok Budiyanto menyampaikan apresiasinya atas langkah cepat petugas Disdukcapil dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama warga binaan yang sementara menjalani masa pidana dan tahanannya.

“Perekaman e-KTP sangat diperlukan, ini untuk memastikan mereka (WBP) mendapatkan hak pilih pada Pemilu mendatang, mengingat statusnya yang masih memiliki hak politik meskipun sedang menjalani masa pidana sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang,” imbuhnya.

Baca Juga : Adnan Nonton Langsung Laga Terakhir PSM di Parepare, Penuhi Ajakan Suporter

Menurut dia, perekaman e-KTP dilakukan kepada WBP, baik yang berdomisili di Kota Parepare maupun yang berdomisili diluar daerah. Termasuk memberikan pelayanan perekaman data e-KTP bagi WBP yang saat ini opname atau menjalani rawat inap di rumah sakit.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Fardi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 21:33
VIDEO: Kebakaran di Samping SPBU Tomoni, Satu Truk Terbakar
SULSELSATU.com – Sebuah insiden kebakaran terjadi di sebelah SPBU Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur pada hari Minggu (3/3/2024). Ke...
Video04 Maret 2024 20:39
VIDEO: Mulai Tahun Ini, PPPK Makassar Bakal Nikmati TPP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemerintah Kota Makassar mulai tahun 2024 ini sudah d...
Bisnis04 Maret 2024 19:14
TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyele...
Video04 Maret 2024 18:30
VIDEO: Damkar Evakuasi Pegawai yang Terjebak di Lift Puskesmas Kassi-Kassi Makassar
SULSELSATU.com – Seorang pegawai terjebak di lift Puskesmas Kassi-Kassi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3/2024). Sejumlah petugas dam...