Logo Sulselsatu

Pemkot Bersama Lapas dan KPU Parepare Jalin Kerja Sama Terkait Data Pemilih

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 15 Maret 2023 12:28

Pemuktahiran data pemilu di Lapas (dokumen: istimewa)
Pemuktahiran data pemilu di Lapas (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Lapas Kelas IIA dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan di Aula Lapas Kelas IIA Parepare, disaksikan perwakilan Forkopimda, Bawaslu, Kodim 1405, dan Polres Parepare, Rabu (15/3/2023).

Wali Kota Parepare Taufan Pawe yang diwakili oleh Inspektur Muhammad Husni Syam menyampaikan apresiasinya atas penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut.

Baca Juga : Danny Pomanto Harap Tetap Jaga Silaturahmi Usai Pemilu: Kita Semua Bersaudara

“Hasil dari penandatangan ini akan ditindaklanjuti dengan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas IIA Parepare dan ditempatkan sebagai TPS Khusus,” ujarnya.

Kepala Lapas Parepare, Totok Budiyanto mengatakan, perjanjian ini mempermudah untuk melakukan pendataan. Karena data pemilih sampai tanggal 14 Februari 2024 itu harus terupdate.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai upaya memberikan hak kepada masyarakat khususnya kepada warga binaan agar mendapatkan hak politik bagi yang memenuhi persyaratan.

Baca Juga : Sebut Taufan Pawe Pemimpin Masa Depan Sulsel, Nurdin Abdullah Siap Menangkan Golkar

“Untuk saat ini, wajib pilih di Lapas sebanyak 490 orang dengan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), namun tidak menutup kemungkinan masih bisa bertambah, karena itu bersifat fluktuatif,” ungkapnya.

Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husain menjelaskan, Lapas menjadi potret khusus dalam pemungutan suara, sehingga kegiatan ini menjadi start awal dalam proses pengecekan data pemilih.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Lapas yang tidak berhenti memberikan dukungan dalam proses pendataan atau mutasi, data pemilih ini akan bergerak terus,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Fardi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 23:25
VIDEO: Sopir Mobil Nyaris Tabrak Bapak yang Menyeberangkan Anak Sekolah Berujung Minta Maaf
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang bapak yang tengah menyeberangkan anak sekolah. Namun saat menyeberangkan anak tersebut sebu...
Video04 Maret 2024 21:33
VIDEO: Kebakaran di Samping SPBU Tomoni, Satu Truk Terbakar
SULSELSATU.com – Sebuah insiden kebakaran terjadi di sebelah SPBU Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur pada hari Minggu (3/3/2024). Ke...
Video04 Maret 2024 20:39
VIDEO: Mulai Tahun Ini, PPPK Makassar Bakal Nikmati TPP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemerintah Kota Makassar mulai tahun 2024 ini sudah d...
Bisnis04 Maret 2024 19:14
TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyele...