Logo Sulselsatu

Tekan Inflasi April 2023, TPID Sulsel Perkuat Pengawasan pada Tiga Komoditas

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 07 April 2023 14:39

Menjaga peningkatan inflasi April 2023, TPID Sulsel terus mengawasi kenaikan komoditas ikan, beras dan cabai (dokumen: istimewa)
Menjaga peningkatan inflasi April 2023, TPID Sulsel terus mengawasi kenaikan komoditas ikan, beras dan cabai (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSARInflasi gabungan lima Kota IHK di Sulsel pada Maret 2023 sebesar 0,75 persen, lebih tinggi dibandingkan nasional yang mengalami inflasi 0,18 persen. Pada April 2023 ini, inflasi Sulsel diprakirakan masih akan tetap terjadi.

Deputi Direktur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (BI Sulsel) M Firdauz Muttaqin mengatakan, prediksi peningkatan permintaan masyarakat pada bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri, khususnya terhadap komoditas bahan makanan, pakaian, dan transportasi dapat menekan peningkatan inflasi pada April 2023.

“Mengantisipasi risiko tekanan inflasi komoditas pangan pada momen Ramadan dan HBKN Idul Fitri, TPID Sulsel telah menyepakati langkah pengendalian inflasi yang lebih intensif, khususnya terhadap komoditas beras, cabai, dan perikanan,” kata Firdauz saat temu media beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Hotel PHI Group Siapkan Menu dan Promo Spesial Ramadan 2024, Mulai Khas Indonesia Hingga Timur Tengah

Kata Firdauz, menjaga komoditas beras, TPID Sulsel engadakan pertemuan dengan pelaku usaha penggilingan untuk membuat komitmen penyerapan beras didukung oleh Pemda dan Satgas Pangan. Kemudian, adanya upaya revitalisasi mesin penggiling, program mandiri benih, dan efisiensi rantai pasok.

komoditas cabai, melanjutkan gerakan pekarangan pangan lestari dan penanaman pangan secara mandiri. Lalu, komoditas perikanan, yaitu mengoptimalkan cold storage maupun mobile cold storage untuk meningkatkan buffer stock lokal.

“Kebijakan penangkapan terukur yang mewajibkan landing hasil penangkapan ikan di pangkalan yang terpilih berpeluang untuk mendukung pasokan lokal. Mengoptimalkan Unit Pengolahan Ikan yang saat ini utilisasinya masih rendah, dan mengelola ekspektasi masyarakat juga langkah menjaga penekanan inflasi,” jelasnya.

Baca Juga : BI Sebut Pemanfaatan Cold Chain Perikanan Salah Satu Strategi Pembangunan Ekonomi Sulsel

Lebih jauh kata Firdauz, pengendalian inflasi pada momen Ramadan dan Idul Fitri juga akan didukung melalui penyelenggaraan pasar murah bersama OPD di tingkat kabupaten/kota secara massif dan terjadwal, pelaksanaan Kerjasama Antar Daerah (KAD) intra provinsi Sulsel, dan fasilitasi distribusi/subsidi ongkos angkut bahan pangan melalui penggunaan BTT pengendalian inflasi.

Sepanjang 2023, TPID Sulsel juga akan terus melakukan strategi 4K (ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif) di antaranya melalui program peningkatan produktivitas pertanian, penguatan kerjasama antar daerah (KAD), fasilitasi distribusi produsen ke konsumen melalui perluasan kerja sama distributor dengan toko ritel, dan edukasi belanja bijak kepada masyarakat.

Inflasi Sulsel pada akhir tahun 2023 diprakirakan lebih rendah dibandingkan 2022 dan berada dalam rentang sasaran inflasi nasional 3±1 persen (yoy).

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Puji Danny Pomanto Berhasil Kendalikan Inflasi Makassar Pasca Pemilu

Prakiraan tersebut didukung oleh meningkatnya produksi pangan domestik, melandainya harga komoditas global yang mengurangi imported inflation, serta berbagai langkah dan kebijakan yang diambil oleh TPID Sulsel.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Maret 2024 17:02
Asmo Sulsel Kembali Hadirkan Sepeda Motor Special Edition Livery PSM Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon kembali me...
Internasional04 Maret 2024 16:31
Program Edukasi Safety Riding Astra Honda Nomor Satu di Asia-Oceania
Komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) dalam edukasi keselamatan berkendara semakin terpercaya dan diakui eksistensinya....
Video04 Maret 2024 16:20
VIDEO: Anggota Polres Luwu Timur Aiptu Hardi Tewas dalam Kecelakaan Tunggal di Belopa
SULSELSATU.com – Seorang anggota Polres Luwu Timur, Aiptu Hardi meninggal dunia dalam kecelakaan di Belopa, Kabupaten Luwu. Mobil yang dikemudik...
Berita Utama04 Maret 2024 15:15
Kuasa Hukum Tersangka Pembobolan Kotak Suara di Jeneponto Ajukan Praperadilan
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Saiful yang merupakan Kuasa Hukum tersangka dugaan Pembobolan Kotak Suara, AA dan FB di Gedung PPK Bangkala Barat, re...