Logo Sulselsatu

Salat Idul Adha di Lapangan Andi Makkasau, Taufan Pawe Ingatkan Pentingnya Ibadah Kurban

Asrul
Asrul

Kamis, 29 Juni 2023 17:14

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Wali Kota Parepare Taufan Pawe (TP) didampingi Ketua TP PKK Erna Rasyid Taufan (Erat) melaksanakan Salat Iduladha, di Alun – alun Kota Lapangan Andi Makkasau, Kamis, 29 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe mengatakan, dalam surah Al-Kautsar ayat 2-3, pentingnya melaksanakan Salat Iduladha dan berkurban sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT.

“Seperti yang tertera dalam Al-qur’an surah Al-Kautsar untuk kita melaksanakan sholat idul adha dan berqurban sebagai bentuk pengabdian dan patuhnya umat Islam kepada Allah SWT,” katanya.

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

Wali Kota Parepare dua periode ini menambahkan, pentingya berkurban kembali dijelaskan Surat Al-Hajj ayat 36-37. Seperti dijelaskan, maka makanlah sebagiannya (daging qurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.

Daging daging qurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.

“Bagi umat Islam juga sangat penting untuk berqurban di hari raya idul adha, seperti yang ada dalam Surat Al-Hajj ayat 36-37, menyebutkan bahwa orang yang berkurban boleh menikmati sebagian daging kurbannya, lalu sebagian lain diberikan kepada para penerima manfaat yang membutuhkan. Berilah kepada mereka yang memang berhak dan membutuhkan sebagai penerimanya,” ungkapnya.

Baca Juga : Sebut Taufan Pawe Pemimpin Masa Depan Sulsel, Nurdin Abdullah Siap Menangkan Golkar

Ketua Golkar Sulsel ini melanjutkan, jikalau Ayat Alquran tentang perintah berkurban juga tertera dalam Al-Hajj ayat 34 yang bermakna hewan kurban adalah rezeki yang Allah berikan kepada umat manusia. Menyembelih hewan kurban sama dengan sebagai rasa syukur dan tawakal juga sukacita kepada Allah SWT.

“Wa likulli ummatin ja’alnaa mansakal liyazkurus mal laahi ‘alaa maa razaqahum mim bahiimatil an’aam; failaahukum ilaahunw Waahidun falahuuu aslimuu; wa bashshiril mukhbitiin. Yang artinya, dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah”, Sebutnya sambil melantunkan surah Al-Hajj ayat 34.

Taufan Pawe membeberkan, dirinya merupakan putra Parepare. Kecil dan besar di Kota Cinta. Dirinya berkomitmen, selalu terus mengembangkan dan membantu program – program pemerintah dalam membangun Kota Parepare.

Baca Juga : Taufan Pawe Kunjungi Pasar di Pekkae dan Takkalasi Barru, Pedagang Siap Menangkan ke Senayan

“Saya adalah putra Parepare, saya kecil sampai besar di kota ini, tentu saya bangga dengan pencapaian saya di kota tersendiri, sedikit lagi masa jabatan sebagai Wali Kota akan selesai, sisa 4 bulan lagi, dan saya akan selalu ada untuk mengembangkan dalam membangun kota cinta ini yakni kota Parepare”, ungkap dala sambutannya.

Adapun salat idul adha kali ini yang bertindak sebagai Khatib yakni DR. H. Andi Muhammad Akmal, S.Ag., M.HI (Dosen Fak. Syariah UIN Alauddin Makassar) dan yang bertindak sebagai Imam yakni Muhammad Rival, S.Kom.I. (Imam Mesjid Terapung B.J Habibie).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 21:33
VIDEO: Kebakaran di Samping SPBU Tomoni, Satu Truk Terbakar
SULSELSATU.com – Sebuah insiden kebakaran terjadi di sebelah SPBU Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur pada hari Minggu (3/3/2024). Ke...
Video04 Maret 2024 20:39
VIDEO: Mulai Tahun Ini, PPPK Makassar Bakal Nikmati TPP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemerintah Kota Makassar mulai tahun 2024 ini sudah d...
Bisnis04 Maret 2024 19:14
TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyele...
Video04 Maret 2024 18:30
VIDEO: Damkar Evakuasi Pegawai yang Terjebak di Lift Puskesmas Kassi-Kassi Makassar
SULSELSATU.com – Seorang pegawai terjebak di lift Puskesmas Kassi-Kassi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3/2024). Sejumlah petugas dam...