Logo Sulselsatu

Selama 2023, BNNP Sulsel Sita 7,9 Kilogram Sabu dan 13 Kilogram Ganja

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 23 Desember 2023 10:20

BNNP Sulsel yang berhasil mengamankan 7,9 kg sabu dan 13 kg ganja selama 2023. Foto: Andi Baso Mappanyompa/ Sulselsatu.com
BNNP Sulsel yang berhasil mengamankan 7,9 kg sabu dan 13 kg ganja selama 2023. Foto: Andi Baso Mappanyompa/ Sulselsatu.com

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel berhasil mengungkap serangkaian kasus narkotika sepanjang 2023.

Dalam serangkaian operasi itu, BNNP Sulsel berhasil menyita sebanyak 7,9 kilogram sabu dan 13 kilogram ganja.

Kepala BNNP Sulsel Brigjen Guruh Ahmad Fadiyanto mengungkapkan, dalam rangka menekan supply reduction, pihaknya bersama stakeholder terkait sepanjang Januari sampai Desember 2023 telah mengungkap 29 Laporan Kasus Narkotika (LKN) dan 47 berkas perkara narkotika.

Baca Juga : BNNP Sulsel Musnahkan 7,5 Kg Sabu dan 8,6 Kg Ganja, Selamatkan 48 Ribu Jiwa dari Narkotika

“Sebanyak 22 berkas di antaranya sudah P21, lalu 25 berkas perkara dalam proses sidik,” ungkap Guruh belum lama ini.

Dari sejumlah kasus yang telah diungkap tersebut, BNNP Sulsel mengamankan 47 orang tersangka. Dua orang di antaranya berjenis kelamin perempuan.

Tak hanya sabu dan ganja, BNNP Sulsel juga menyita 293 butir pil ekstasi dan 334 gram tembakau sintetis.

Baca Juga : VIDEO: BNNP Sulsel Musnahkan 7,5 Kg Sabu, 8,6 Kg Ganja, dan 815 Gram Tembakau Sintetis

Komitmen BNNP Sulsel dalam mengatasi peredaran narkotika semakin kuat dengan hasil yang telah capai.

Tindakan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat terus didorong untuk meningkatkan daya tangkal masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan narkotika.

“Di samping itu juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam penanganan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” jelas Guruh.

Baca Juga : Lapas Narkotika Sungguminasa Buka Program Rehabilitasi dan Kemandirian

Adapun program pencegahan yang telah dilakukan BNNP Sulsel sampai dengan 2023, di antaranya Desa Bersinar yang telah di-SK-kan oleh bupati dan walikota yaitu di Kota Makassar sebanyak 1 kelurahan, Kota Palopo 2 kelurahan, Tana Toraja 2 desa, serta Kabupaten Bone dan Kabupaten Gowa masing-masing 1 desa.

Selain itu, juga dilakukan sosialisasi atau penyuluhan bahaya penyalahgunaan Narkoba dengan jumlah sebaran sebanyak 476.584 orang

“Di samping itu, pemberdayaan masyarakat juga dijadikan sebagai salah satu langkah alternatif yang akan menjadi fokus dalam penekanan laju peredaran gelap Narkotika di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan,” tutur Guruh.

Baca Juga : Pengungkapan Ladang Ganja di Bontocani, Polisi Masih Cari 3 Lokasi

Sepanjang 2023 telah terbentuk 440 penggiat anti narkoba dari 4 lingkungan, yaitu lingkungan pemerintah, swasta, masyarakat dan lingkungan pendidikan. Upaya deteksi dini penyalah guna Narkotika melalui tes urine sebanyak4.167 orang.

Kemudian program pemberdayaan alternatif di kawasan rawan dengan status waspada yaitu Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten gowa.

Pengembangan kapasitas pada kawasan rawan narkoba ini dilakukan melalui bimbingan teknis life skill bagi masyarakat kawasan rawan Narkoba. Jenis dari bimbingan teknis life skill yang diberikan adalah pelatihan Barista dengan jumlah yang dilatih sebanyak 15 orang.

Baca Juga : Polisi Musnahkan 7 Hektar Ladang Ganja, Selamatkan 10 Juta Jiwa

“Selain pelatihan keterampilan, peserta juga mendapatkan bantuan berupa paket alat barista yang dapat digunakan untuk memulai usaha secara mandiri,” pungkas Guruh.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel01 Mei 2024 11:00
Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Pertama Tingkat Sulsel
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali berhasil menjadi terbaik pertama Penghargaan Pembangun Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Kateg...
Bisnis30 April 2024 22:08
Indosat Catat Kinerja Cemerlang Kuartal Pertama 2024, Raih Pendapatan Rp13,83 Triliun
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan hasil kinerja keuangan kuartal pertama (Q1) 2024. Indosat catat pertumbuhan positif di semua ...
Metropolitan30 April 2024 21:37
Kader Hijau Hitam se-UMI Siap Lawan Kriminalisasi Aktivis HMI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Islam Kordinator Komisariat Universitas Muslim Indonesia (HMI Korkom UMI) Cabang Makassar sesalkan...
Politik30 April 2024 20:42
Meity Rahmatia Dorong Politisi Senior PKS Sri Rahmi Maju Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan kepada politisi senior PKS Sulsel Sri Rahmi untuk maju pada kontestasi Pemilihan Wali Kota Makassar November...