Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Fokuskan RKPD 2025 pada Pembangunan SDM

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 18 Januari 2024 13:12

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: Istimewa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025.

Forum Konsultasi publik ini merupakan salah satu metode perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan pemangku kepentingan yang berlangsung di Baruga Tinggimae Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (17/1/2024).

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, jika membahas tentang rancangan pembangunan tahun 2025 maka pemerintah daerah sudah harus menyusun sesuai dengan perencanaan dalam RPJPD.

Baca Juga : Menteri ATR/BPN Datang Langsung ke Kabupaten Gowa Serahkan Sertifikat Tanah ke Masyarakat

“Hal ini dilakukan agar pembangunan di daerah terus berkelanjutan karena tidak ada satupun daerah dan negara yang maju tanpa keberlanjutan pembangunannya,” ungkap Adnan.

Bupati Adnan menjelaskan, tantangan yang akan dihadapi ke depan adalah Indonesia akan mendapatkan bonus demografi pada 2045 atau yang biasa disebut Indonesia Emas.

Titik berat dari Indonesia emas adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu yang harus dipersiapkan dari 2025 adalah tetap menitikberatkan program prioritas itu pada pendidikan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siap Gagas Sistem Penanggulangan Bencana Berbasis Teknologi

Pasalnya membangun SDM tidak seperti membangun infrastruktur yang dalam dua tahun sudah dapat dirasakan manfaatnya. Membangun SDM butuh 25 tahun untuk dapat melihat hasilnya.

“Saya berharap rencana kerja di 2025 yang hari dilaksanakan dapat mendapatkan saran, masukan dan pendapat dari seluruh peserta. Supaya rencana kerja yang akan dilaksanakan pada 2025 betul-betul berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama,” katanya.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa Sujjadan menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini untuk memperoleh masukan dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2025.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gagas Pelayanan Publik Berbasis HAM

“Jadi kegiatan ini merupakan tahapan penyusunan RKPD tahun 2025 dan sebagai sarana komunikasi interaktif dengan dialog untuk membangun Kabupaten Gowa tahun 2025, dimana tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh peserta pemangku kepentingan,” katanya.

Adapun peserta yang dihadirkan pada Forum Konsultasi Publik ini yakni seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa, DPRD kabupaten Gowa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, pimpinan organisasi dan lembaga masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa termasuk dari organisasi disabilitas dan perwakilan forum anak dengan total kurang lebih 150 orang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Teknologi28 April 2024 19:51
LG Raih TKDN, Siap Dukung Digital Display Untuk Bisnis dan Dunia Pendidikan
PT LG Electronics Indonesia (LG) baru saja mengumumkan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bagi dua kategori produknya....
Pendidikan28 April 2024 19:34
LAZ Hadji Kalla Sosialisasi Program Beasiswa KALLA di Unhas
Yayasan Hadji Kalla melalui LAZ (Lembaga Amil Zakat) Hadji Kalla mengadakan sosialisasi program Beasiswa KALLA bersama para penerima manfaat beasiswa ...
News28 April 2024 17:30
Menteri ATR/BPN Datang Langsung ke Kabupaten Gowa Serahkan Sertifikat Tanah ke Masyarakat
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyer...
Makassar28 April 2024 17:07
Menteri ATR Serahkan Sertipikat Elektronik ke Pemkot Makassar Senilai Rp3 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono memberikan secara langsung sertipikat elektronik hak pengelo...