Logo Sulselsatu

Relawan APPATTASA Berhasil Kumpulkan Sampah Hingga 18 Ton di Kelurahan Cambayya Kota Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 27 Januari 2024 16:43

Relawan Appattasa membersihkan di kelurahan Cambayya, Kecamatn Ujung Tanah. Foto: Istimewa
Relawan Appattasa membersihkan di kelurahan Cambayya, Kecamatn Ujung Tanah. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Duta Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar berkolaborasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Ujung Tanah gelar ‘Appatasa’ atau aksi bersih-bersih.

Kagiatan ini berpusat di RW 4 RT 3, Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu (27/1/2024). Kawasan pesisir tersebut mengalami penumpukan sampah yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan.

Terlebih, penumpukan tersebut juga diperparah dengan kiriman sampah dari laut ketika terjadi air pasang.

Baca Juga : Dishub Makassar Terapkan Kontra Flow Selama F8

Meski kegiatan tersebut pertama kali dilakukan, namun cukup memberi dampak positif dan mendapat perhatian banyak komunitas yang peduli lingkungan termaksud masyarakat sekitar.

Sedikitnya 18 ton sampah berhasil diangkat dari ratusan orang yang berpartisipasi dalam kegiatan Appattasa.

“Jadi dua kelompok pemuda ini punya satu misi yang sama bagaimana membawa perubahan di suatu tempat khususnya. Jumlah volume sampah di bawah rumah warga itu sangat tinggi dan baru berhasil diangkat kurang lebih 18 ton,” jelas Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi.

Baca Juga : Evaluasi Implementasi SAKIP, Pj Sekda Firman Pagarra Kupas Tuntas Keunggulan Kota Makassar

Amanda menilai, sampah yang menumpuk ini adalah kiriman dari kapal nelayan atau kapal lainnya dan sampah dari laut. Belum lagi, warga belum memiliki kesadaran akan kebersihan.

Ke depan, Amanda Syahwaldi yang belum satu bulan menjabat Camat Ujung Tanah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan yang dapat merusak lingkungan.

“Kami sudah menghimbau warga agar sampah ini ke depan, mereka kemas, terus mereka letakkan di titik penjemputan,” ujarnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Komitmen Perkuat Peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah Demi Mencegah Korupsi

Di tempat yang sama, Plt Kadispora Kota Makassar Andi Engka Bau Djemma bangga dengan semangat dan apa yang telah dilakukan para Duta Pemuda Dispora Makassar dan Tim TP PKK Milenial Kecamatan Ujung Tanah.

“Hari ini sebenarnya sangat kecil kontribusinya terhadap lingkungan tapi sekecil apapun itu semua yang dilakukan teman-teman hari ini jauh lebih besar dari diri kita masing-masing,” tutur Andi Engka.

Ia melanjutkan setelah kegiatan ini berjalan sudah ada beberapa kecamatan yang meminta untuk datang, dan memang hal ini sejalan dengan arahan wali Kota Makassar dan ketua TP PKK Kota Makassar.

Baca Juga : PDAM Makassar Catat Kepuasan Pelanggan Mencapai 93,77 Persen Selama 2023

“Kalau bisa kegiatan ini sebaiknya dilakukan di setiap kecamatan, dan teman-teman siap dengan segala semangatnya bahkan sampai 15 kecamatan,” imbuhnya.

Diketahui, hadir dalam aksi bersih-bersih itu, Plt Kadispora Andi Engka, Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi, Ketua TP PKK Kecamatan Ujung Tanah Andi Fadilah Rizki Rifai, Direktur Umum PDAM Kota Makassar Indira Mulyasari, dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Muhammad Dasysyara Dahyar.

Termasuk dari KNPI Kecamatan Ujung Tanah yang jumlahnya sekitar 200 orang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...