Logo Sulselsatu

Relawan APPATTASA Berhasil Kumpulkan Sampah Hingga 18 Ton di Kelurahan Cambayya Kota Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 27 Januari 2024 16:43

Relawan Appattasa membersihkan di kelurahan Cambayya, Kecamatn Ujung Tanah. Foto: Istimewa
Relawan Appattasa membersihkan di kelurahan Cambayya, Kecamatn Ujung Tanah. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Duta Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar berkolaborasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Ujung Tanah gelar ‘Appatasa’ atau aksi bersih-bersih.

Kagiatan ini berpusat di RW 4 RT 3, Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu (27/1/2024). Kawasan pesisir tersebut mengalami penumpukan sampah yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan.

Terlebih, penumpukan tersebut juga diperparah dengan kiriman sampah dari laut ketika terjadi air pasang.

Baca Juga : Pemkot Makassar Bersama PCNU Jadikan Hari Santri Sebagai Bentuk Simpati Satu Tahun Agresi Israel ke Palestina

Meski kegiatan tersebut pertama kali dilakukan, namun cukup memberi dampak positif dan mendapat perhatian banyak komunitas yang peduli lingkungan termaksud masyarakat sekitar.

Sedikitnya 18 ton sampah berhasil diangkat dari ratusan orang yang berpartisipasi dalam kegiatan Appattasa.

“Jadi dua kelompok pemuda ini punya satu misi yang sama bagaimana membawa perubahan di suatu tempat khususnya. Jumlah volume sampah di bawah rumah warga itu sangat tinggi dan baru berhasil diangkat kurang lebih 18 ton,” jelas Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi.

Baca Juga : Piala Adipura, Pemkot Makassar Fokus Benahi TPA

Amanda menilai, sampah yang menumpuk ini adalah kiriman dari kapal nelayan atau kapal lainnya dan sampah dari laut. Belum lagi, warga belum memiliki kesadaran akan kebersihan.

Ke depan, Amanda Syahwaldi yang belum satu bulan menjabat Camat Ujung Tanah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan yang dapat merusak lingkungan.

“Kami sudah menghimbau warga agar sampah ini ke depan, mereka kemas, terus mereka letakkan di titik penjemputan,” ujarnya.

Baca Juga : KALLA Bawa Pulang Penghargaan Lestari Award 2024 Kategori Good Health & Wellbeing

Di tempat yang sama, Plt Kadispora Kota Makassar Andi Engka Bau Djemma bangga dengan semangat dan apa yang telah dilakukan para Duta Pemuda Dispora Makassar dan Tim TP PKK Milenial Kecamatan Ujung Tanah.

“Hari ini sebenarnya sangat kecil kontribusinya terhadap lingkungan tapi sekecil apapun itu semua yang dilakukan teman-teman hari ini jauh lebih besar dari diri kita masing-masing,” tutur Andi Engka.

Ia melanjutkan setelah kegiatan ini berjalan sudah ada beberapa kecamatan yang meminta untuk datang, dan memang hal ini sejalan dengan arahan wali Kota Makassar dan ketua TP PKK Kota Makassar.

Baca Juga : Mobil Tangki Jadi Bahan Kampanye Paslon Pilwali, Tim Lawyer PDAM Makassar Melapor ke Bawaslu

“Kalau bisa kegiatan ini sebaiknya dilakukan di setiap kecamatan, dan teman-teman siap dengan segala semangatnya bahkan sampai 15 kecamatan,” imbuhnya.

Diketahui, hadir dalam aksi bersih-bersih itu, Plt Kadispora Andi Engka, Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi, Ketua TP PKK Kecamatan Ujung Tanah Andi Fadilah Rizki Rifai, Direktur Umum PDAM Kota Makassar Indira Mulyasari, dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Muhammad Dasysyara Dahyar.

Termasuk dari KNPI Kecamatan Ujung Tanah yang jumlahnya sekitar 200 orang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...