Logo Sulselsatu

Abustan Buka Bimbingan Teknis dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N-LAPOR

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 01 Februari 2024 22:19

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BARRU – Sekda Barru Abustan menghadiri sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N-LAPOR! Pemerintah Daerah di Kabupaten Barru.

Sebuah kegiatan yang terselenggara bekerjasama dengan USAID ERAT sebagai sebuah program USAID selanjutnya di Barru yang salah satu fokusnya membangun Tata Kelola Pemerintahan yang efektif, efisien dan Kuat.

Dalam sambutannya, Sekda Abustan memberikan apresiasi atas inisiatif dari Diskominfo Kabupaten Barru bekerjasama dengan USAID ERAT untuk mengadakan Bimtek dan Konsolidasi Tim Pengelolaan SPAN LAPOR!.

Pelaksanaan selama 2(dua) hari bertempat Ruang Pertemuan RM Surya lantai 2 Jalan A.P Pettarani sejak Kamis (1/2/2024).

“Ini adalah awal yang cukup baik tinggal bagaimana nanti tim admin dari SKPD bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat dan juga dengan cepat merespon pengaduan dan aspirasi masyarakat,” sebut Sekda Barru.

Agenda Bimtek pada hari ini adalah dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan SP4N-LAPOR! dan meningkatkan pengetahuan petugas dimana pesertanya merupakan 28 admin Perangkat Daerah Se-Kabupaten Barru yang nantinya mengelola dan merespon pengaduan yang diterima serta mendorong konsep pengaduan satu pintu.

“Sesuai fungsinya sistem LAPOR!, mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan program pemerintah melalui pemanfaatan aplikasi. Jadi kedepannya masyarakat sangat dimudahkan untuk membuka akses penyampaian masukan dan pengaduan baik laporan kesalahan atas penyelenggaraan pemerintahan, maupun saran langkah yang bisa diambil pemerintah dalam pelayanan publik,” tambahnya.

Diketahui, selama ini Pengaduan di SP4N Lapor telah berjalan sesuai koridornya bahkan diantaranya dijadikan sebagai bahan perumusan dan pengambilan kebijakan dalam perbaikan layanan publik di Kabupaten Barru.

Pelatihan dimaksudkan agar Admin atau pengelola SP4N-LAPOR! di tingkat SKPD diharapkan dapat semakin sinergis dan memaksimalkan manfaat fitur-fitur dalam aplikasi SP4N-LAPOR! ini dengan baik.

“Diperlukan koordinasi oleh seluruh SKPD khususnya para admin sebagai ujung tombak yang merekap berbagai pengaduan publik. Terlebih, masyarakat sudah sangat familiar dengan aplikasi melalui media sosial. Pada dasarnya aplikasi SP4N-LAPOR! di Kabupaten Barru telah dikelola dengan baik, namun perlu ditingkatkan lagi terutama dari sisi respon dan tindak lanjut serta integrasi pengelolaan pengaduan di tingkat Pemerintah Daerah,” tutup Abustan.

Dirinya berpesan kepada Pimpinan SKPD agar segera menindaklanjuti aduan masyarakat yang masuk pada SP4N Lapor!. melalui komitmen bersama untuk merespon secara cepat aduan masyarakat, sehingga masukan masyarakat terkait layanan publik dapat kita gunakan sebagai strategi penyusunan rencana aksi dan pengambilan keputusan kebijakan ke arah yang lebih baik, terutama kepada masyarakat sebagai penerima manfaat kebijakan pemerintah.

“Dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik, diharapkan akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Turut hadir, PC USAID Erat Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Provicial Goverment Advisor USAID ERAT Sulawesi Selatan Bapak H. Sarwansa Sahabuddin,Tim TA SP4N LAPOR! USAI ERAT, Bpk. Bejo Untung, Ibu Fitria,Nurhasanah,Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kab. Barru, Inspektur Daerah Kab. Barru, Kabid Humas IKP, Para Admin Penghubung SP4N LAPOR! Kab. Barru, dan peserta Bimtek.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan25 Juli 2024 14:29
Teken MoU, Groundbreaking Proyek Metro Kapsul Ditarget Tahun 2027
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menggelar Makassar Investment Forum (MIF). Perhelatan ini dilaksanakan bersamaan dengan even...
Pendidikan25 Juli 2024 14:23
Prof Karta Jayadi Kembali Kukuhkan 3 Besar FIP FT dan FBS UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sidang terbuka luar biasa dalam rangka pengukuhan tiga guru besar di Ball...
Politik25 Juli 2024 14:05
Kader Golkar Gigit Jari, Beringin Rindang Hampir Pasti Usung Andi Sudirman-Fatmawati
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kader Partai Golkar yang ingin maju di Pilgub Sulsel harus gigit jari. Pasalnya, partai berlambang pohon beringin itu...
Berita Utama25 Juli 2024 12:18
Peran Aktif Babinsa Koramil Kelara Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com JENEPONTO – Sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan Kawasan Desa binaan yang bersih, Babinsa Jajaran Koramil 1425-04/Kelara Kodim ...