Logo Sulselsatu

Dishub Makassar Latih Driver untuk Maksimalkan Operasional Bus Sekolah Listrik

Asrul
Asrul

Minggu, 04 Februari 2024 18:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar terus berupaya mengoptimalkan penggunaan kendaraan listrik dalam kota. Salah satunya melalui pengoperasian bus sekolah berbasis listrik yang dilaunching pada akhir tahun 2023 lalu.

Saat ini, Dinas Perhubungan Kota Makassar tengah melakukan pelatihan bagi para driver atau pengemudi bus listrik tersebut.

“Ada 11 peserta yang mengikuti pelatihan tenaga driver, pendamping dan aplikasi bus listrik ini,” ucap Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Zainal Ibrahim, Minggu (4/2/2024).

Baca Juga : Pemkot Makassar Siapkan Rp200 Miliar APBD Perubahan 2024 untuk Beli Panel Surya

Zainal menjelaskan, para peserta akan mengikuti pelatihan selama satu pekan. Mereka diajarkan tentang pengoperasian bus listrik, termasuk aplikasi yang digunakan di dalamnya.

“Jadi pelatihannya dibagi menjadi dua kelas, ada indoor dan outdoor. Ini sudah hari ke keempat dan akan terus berlangsung sampai tanggal 7 nanti,” jelas Zainal.

Diketahui, Pemkot Makassar melalui Dishub telah muncutkan bus sekolah listrik pada Refleksi Akhir Tahun 2023 Pemerintah Kota Makassar, Rabu (27/12/2023) lalu.

Baca Juga : Damkarmat Makassar Bantu Masyarakat Bangun Jembatan Darurat di Luwu

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat itu mengatakan bahwa bus sekolah listrik ini adalah bentuk komitmen Pemkot Makassar untuk menjadi kota low carbon, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat.

Selain itu, juga untuk menjadi perwujudan program Jagai Anak’ta, terkhusus anak sekolah.

“Kita wujudkan program Jagai Anakta’, di mana anak-anak betul-betul terjaga terutama anak-anak sekolah kita,” kata Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Dorong Peningkatan Pelayanan di Bidang Kesehatan, Indira Yusuf Ismail Resmikan Klinik Cardion

Saat ini Pemkot Makassar memiliki 3 unti bus sekolah listrik. Rencananya, akan diadakan sebanhak 15 unit untuk mengcover setiap kecamatan.

Setiap unit bus bisa mengangkut 29 anak sekolah. Bus ini juga dilengkapi dengan kamera CCTV untuk memantau aktivitas anak sekolah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Mei 2024 23:17
VIDEO: Kecelakaan Lalu Lintas di Belopa, Mobil Tabrak Rumah Warga dan Mobil Terparkir
SULSELSATU.com – Insiden kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Topoka, Belopa, Luwu. Sebuah mobil menabrak sebuah rumah warga dan merusak 1 un...
Video13 Mei 2024 21:49
VIDEO: Momen Presiden Jokowi Bersimpuh saat Membeli Pisang di Pasar di Sultra
SULSELSATU.com – Momen Presiden Joko Widodo bersimpuh saat membeli pisang saat mengunjungi pasar di Sulawesi Tenggara. Dalam video terlihat Pres...
Video13 Mei 2024 20:47
VIDEO: Momen Presiden Jokowi Dihadang Warga saat Kunjungan di Muna
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan iring-iringan Presiden Joko Widodo dihadang oleh warga. Momen ini saat Jokowi melakukan kunjungan d...
Lifestyle13 Mei 2024 19:15
Pegadaian Hadirkan The Gade Tower Konsep Green Building, Panel Tata Surya Jadi Sumber Energi
PT Pegadaian menghadirkan The Gade Tower dengan konsep green building di Jalan Kramat Raya No.162 Jakarta Pusat. Gedung baru ini diresmikan Wakil Ment...