Logo Sulselsatu

Dishub Makassar Latih Driver untuk Maksimalkan Operasional Bus Sekolah Listrik

Asrul
Asrul

Minggu, 04 Februari 2024 18:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar terus berupaya mengoptimalkan penggunaan kendaraan listrik dalam kota. Salah satunya melalui pengoperasian bus sekolah berbasis listrik yang dilaunching pada akhir tahun 2023 lalu.

Saat ini, Dinas Perhubungan Kota Makassar tengah melakukan pelatihan bagi para driver atau pengemudi bus listrik tersebut.

“Ada 11 peserta yang mengikuti pelatihan tenaga driver, pendamping dan aplikasi bus listrik ini,” ucap Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Zainal Ibrahim, Minggu (4/2/2024).

Baca Juga : PJ Sekda Apresiasi Kinerja Dispar yang Segera Launching Tagline Makassar Waterfront City Festival

Zainal menjelaskan, para peserta akan mengikuti pelatihan selama satu pekan. Mereka diajarkan tentang pengoperasian bus listrik, termasuk aplikasi yang digunakan di dalamnya.

“Jadi pelatihannya dibagi menjadi dua kelas, ada indoor dan outdoor. Ini sudah hari ke keempat dan akan terus berlangsung sampai tanggal 7 nanti,” jelas Zainal.

Diketahui, Pemkot Makassar melalui Dishub telah muncutkan bus sekolah listrik pada Refleksi Akhir Tahun 2023 Pemerintah Kota Makassar, Rabu (27/12/2023) lalu.

Baca Juga : Balai Pengelola Transportasi Darat Dukung Co’mo Jadi Feeder di Tiap Kecamatan

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat itu mengatakan bahwa bus sekolah listrik ini adalah bentuk komitmen Pemkot Makassar untuk menjadi kota low carbon, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat.

Selain itu, juga untuk menjadi perwujudan program Jagai Anak’ta, terkhusus anak sekolah.

“Kita wujudkan program Jagai Anakta’, di mana anak-anak betul-betul terjaga terutama anak-anak sekolah kita,” kata Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Tekankan Pembangunan Rendah Karbon di RKPD Makassar 2025

Saat ini Pemkot Makassar memiliki 3 unti bus sekolah listrik. Rencananya, akan diadakan sebanhak 15 unit untuk mengcover setiap kecamatan.

Setiap unit bus bisa mengangkut 29 anak sekolah. Bus ini juga dilengkapi dengan kamera CCTV untuk memantau aktivitas anak sekolah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video21 Februari 2024 23:26
VIDEO: Mobil Pikap Terjun ke Jurang Gowa, Satu Penumpang Tewas
SULSELSATU.com – Sebuah mobil pikap terjun ke dalam jurang di Baraya, Tombolopao, Kabupaten Gowa pada hari Selasa, 20 Februari 2024. Diketahui, ...
News21 Februari 2024 23:03
PJ Sekda Apresiasi Kinerja Dispar yang Segera Launching Tagline Makassar Waterfront City Festival
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra mengapresiasi kerja-kerja dari Dinas Pariwisata Kota Makassar. ...
Makassar21 Februari 2024 22:13
Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin Bakal Dampingi Presiden Jokowi Selama Kunker di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, akan mendampingi Presiden Jokowi selama kunjungan kerjanya di Sulawesi Selatan ...
Makassar21 Februari 2024 22:02
Balai Pengelola Transportasi Darat Dukung Co’mo Jadi Feeder di Tiap Kecamatan
Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sulsel Bahar Latief mendukung transportasi publik listrik dan ramah lingkungan Commuter Metromoda (...