Logo Sulselsatu

Disdukcapil Gowa Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Lewat Perekaman e-KTP Pemula

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 06 Februari 2024 11:06

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa Edi Sucipto. Foto: Istimewa
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa Edi Sucipto. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten akan dibuka di hari libur 8-11 Februari 2024. Dan, hari Pemilihan Umum pada 14 Februari 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa Edi Sucipto mengatakan, pelayanan dokumen kependudukan dikhususkan bagi perekaman e-KTP pemula. Bagi masyarakat Kabupaten Gowa yang berusia 17 tahun atau yang belum pernah sama sekali malakukan perekaman e-KTP.

“Kan libur panjang itu di hari Kamis, Jum’at, Sabtu dan Ahad serta di hari Pemilu itu tanggal 14 Februari, jadi kita rencananya akan buka perekaman e-KTP pemula,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa, Harap Kualitas Pendidikan Semakin Maju

Dirinya menyebutkan, sengaja membuka perekaman e-KTP pemula untuk meningkatkan partisipasi Pemilih di Kabupaten Gowa. Menurutnya, jangan ada masyarakat Kabupaten Gowa yang sudah memiliki hak pilih tapi tidak ikut memilih karena belum memiliki KTP.

“Apalagi e-KTP ini kan persyaratan untuk memilih. Jadi mengantisipasi jangan sampai ada wajib pilih pemula yang baru berusia 17 tahun. Supaya bisa mereka memilih, kami luangkan waktu untuk buka untuk perekaman pemula,” ungkapnya.

Selain membuka perekaman baru, Edi juga mengatakan akan membuka pelayanan untuk pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD ini kata Edi bisa menjadi pengganti e-KTP fisik.

Baca Juga : Pemkab Gowa Buka Mal Pelayanan Publik, Akomodasi 147 Layanan Instansi Daerah dan Vertikal

“Jadi apa yang kita lakukan ini juga bagian untuk meningkatkan partisipasi pemilih, sekaligus juga menyukseskan Pemilukada,” lanjutnya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyambut baik langkah yang dilakukan untuk membuka perekaman e-KTP pemula dan pengaktifan IKD untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa.

Menurut Adnan, tingginya partisipasi pemilih menjadi salah satu ukuran keberhasilan pelaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu).

Baca Juga : Kabupaten Gowa Gagas Inovasi Proksi Rumah Produktif Jadi Solusi Pertumbuhan Ekonomi

“Ukuran utama keberhasilan melaksanakan pemilu adalah tingginya angka partisipasi pemilih. Jika angkanya tinggi maka masuk dalam kategori sukses melaksanakan pemilu,” ungkap Adnan.

Apalagi kata Adnan partisiapasi pemilih di Kabupaten Gowa saat ini sdah bagus. Partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 lalu di Kabupaten Gowa sudah melebihi target nasional yang hampir di angka 80 persen.

“Kita bersyukur Gowa salah satu daerah yang selalu tinggi angka partisipasinya. Prestasi ini harus dijaga dengan baik. Mudah-mudahan dengan adanya perekaman e-KTP pemula dan pengaktifan IKD di hari libur ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin memiliki e-KTP dan bisa meningkatkan partisipasi pemilih,” harapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video26 Februari 2024 22:50
VIDEO: Diguyur Hujan Deras, Kota Makale Terendam Banjir
SULSELSATU.com – Kota Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terendam banjir Minggu (25/2/2024) kemarin. Banjir tersebut akibat hujan deras yang...
Pendidikan26 Februari 2024 22:03
Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa, Harap Kualitas Pendidikan Semakin Maju
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meresmikan Kantor Baru Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa sekaligus merilis Digitalisasi Sekolah di Jalan Tumanurung Ke...
Hukum26 Februari 2024 21:45
Kanwil Kemenkumham Sulsel dan Pemda Gowa Teken MoU Penyelenggaraan Pelayanan Publik
SULSELSATU.com, GOWA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Lakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan ...
Otomotif26 Februari 2024 21:01
Yamaha Grand Filano Cuma Butuh Bensin Satu liter untuk Tempuh 60.2 Km
Konsumsi BBM Yamaha Grand Filano Hybrid Connected irit luar biasa. Bensin satu liter bisa ditempuh Grand Filano sejauh 60 kilometer (Km)....