Logo Sulselsatu

KPU Sulsel Beberkan Penyebab Undangan Memilih Lambat Terdistribusi

Asrul
Asrul

Selasa, 13 Februari 2024 19:38

Anggota KPU Sulsel Romy Harminto. Foto/Sulselsatu
Anggota KPU Sulsel Romy Harminto. Foto/Sulselsatu

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota KPU Sulsel Romy Harminto mengungkapkan sejumlah kendala sehingga surat C pemberitahuan atau undangan memilih belum terdistribusi secara massif ke warga.

“Ini juga langsung kita sikapi terakit beberapa daerah termasuk Makassar, yang kekurangan C Pemberitahuannya. Jadi ini sebenarnya masalahnya dari kemari. Pada dasarnya kita langsung koordinasi dengan KPU kab/kota untuk menyikapi hal tersebut karena ini H-1 dan C Pemberitahuan harus ada di tangan pemilih sebelum jam 6 sore,” ujar Romy di Kantor KPU Sulsel, Selasa (13/2/2024).

“Memang pendistribusian C6 ada beberapa kendala, termasuk hujan kemarin, dan ada memang yang baru selesai kemarin c pemberitahuannya. Yang bermasalah di C pemberitahuan itu kadang alamatnya tidak lengkap,” sambung mantan anggota KPU Makassar itu.

Baca Juga : Diinisiasi Pj Gubernur Sulsel, Satgas Kesehatan TPS Sukses Bertugas Bantu Petugas Pemilu

Romy melanjutkan bahwa pihak KPPS telah membagi diri agar pendistribusian C Pemberitahuan bisa maksimal.

“Yang jadi masalahnya kemarin itu ada kendala hujan keras di Makassar, kemudian pendistribusiannya ke tingkat TPS juga kita harus hati-hati, karena kenapa ini C pemberitahuan ini masuk dalam kategori hal yang sangat penting dalam proses pemilu ini,” jelasnya.

Romy mengatakan, Pemilu kali ini C pemberitahuan tak boleh dititipkan kepada Ketua RT atau RW, tapi harus sampai kepada pemilihnya langsung atau dengan keluarga.

Baca Juga : Pemilu di Sulsel Diprediksi Aman dan Lancar, Nyaris Tak Ada Kendala

“Karena kita tidak bisa memberikan atau mewakilkan kecuali ke keluarga. Misalnya saya KPPS memberikan kepada Pak RT, pak RT bagi-bagi tidak bisa,” tutur Romy.

“Jadi nanti ketika kita datang ke rumahnya si A lantas si A tidak ada, tapi ada istrinya atau suaminya atau anaknya bisa kita berikan di situ,” tambah Romy.

Meski begitu, Romy optimis petugasnya di lapangan bisa menyelesaikan pembagian C pemberitahuan ke pemilih sebelum pencoblosan besok.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Tinjau Gudang Logistik KPU di Lutim

“Tapi sudah semua kok, selesai ini hari semua, dan sudah didistribusikan jadi kami sudah kontrol semua untuk wilayah Makassar ini sudah jalan semua, terakhir barangkali sebentar yang jam 6 selesai semua c pemberitahuannya,” tutup Romy.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video27 Februari 2024 23:34
VIDEO: Kebakaran terjadi di Panyili Bone, 4 Rumah Warga Dilalap Api
SULSELSATU.com – Kebakaran Melanda Desa Panyili, Bone, pada Selasa (27/2/2024). Sebanyak empat rumah warga dilaporkan habis terbakar. Dugaan sem...
News27 Februari 2024 23:12
Biro Hukerma Dorong SDM Humas Kemenkumham se-Indonesia Adaptif Respon Kemajuan Teknologi
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) ikuti kegiatan Kehumasan berjudul ...
Hukum27 Februari 2024 22:19
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Sambangi Dirjen PP, Ini yang Dibahas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak bebe...
Sulsel27 Februari 2024 21:46
Camat Sarankan Kades Mattirotasi Sidrap Lakukan Musyawarah Sebelum Pecat Staf
Camat Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Hidayatullah merespons kabar pemecatan staf di kantor Desa Mattirotasi. Ia mengaku sudah bertemu langsun...