Logo Sulselsatu

Angkat Budaya Lokal, Dokter Ulfah Buka Lomba Fashion Show Baju Bodo

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 17 Februari 2024 19:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BARRU – Lomba Fashion Show baju Bodo “To Riolo” antar ketua TP PKK Kecamatan, desa dan kelurahan dalam rangka hari jadi Barru ke-64 tahun 2024 berlangsung di Baruga Singkerru Adae, Rujab Bupati Barru, pada Sabtu (17/2/2024).

Lomba Fashion Show Baju Adat Bugis yang bertemakan “Harmoni Berkarya Tingkatkan Daya Saing Menuju Barru yang Mandiri”, ini dibuka secara langsung oleh pelaksana tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak (TP) PKK kabupaten Barru drg. Hj. Ulfah Nurul Huda, MARS.

Saat membuka lomba, Hj. Ulfah Nurul Huda mengatakan bahwa tujuan dari lomba fashion show baju adat ini adalah untuk membangkitkan kembali kesadaran masyarakat terhadap seni dan budaya yang ada dikabupaten Barru.

Menurutnya, baju adat atau baju Bodo “To Riolo” sekarang ini mulai dilupakan oleh generasi sekarang dan mulai tergerus oleh budaya modern.

“Jadi melalui kegiatan lomba fashion show bajut adat “To Riolo” ini, kita mencoba untuk kembali membangkitkan rasa cinta terhadap seni budaya yang ada didaerah kita. Dimana, saat ini anak-anak kita hanya mengenal pakaian yang serba modern”, terang Ulfah Nurul Huda.

Selain itu, kata putri sulung Bupati Barru dua periode Suardi Saleh , lomba ini juga adalah sebagai ajang silaturahmi antar PKK kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan di kabupaten Barru.

“Kegiatan ini juga adalah sebagai ajang silaturahmi antar pengurus PKK se-kabupaten Barru. Dan tentunya dengan penilaian secara profesional dan objektif”, pungkas Ulfah yang juga Direktur RSUD Lapatarai Barru.

Lomba fashion show baju adat “To Riolo” ini menghadirkan 4 orang sebagai dewan juri yang terdiri dari 3 penggiat seni dan budaya kabupaten Barru, yaitu Nasdi dari sanggar Bolong Ringgi, Hatta dari sanggar kreatif dan Ariati dari sanggar To Berru serta ketua Dharma Wanita Persatuan Barru Hj. Milawati Abustan.

Adapun kriteria penilaian lomba fashion show menurut dewan juri adalah kesesuaian busana, tata rias, ekspresi dalam setiap penampilan peserta, kreatifitas dan penampilan peserta secara totality atau secara keseluruhan dan tentunya dengan penilaian yang objektif.

Pantauan media ini, nampak seluruh peserta lomba fashion show yang jumlahnya sekira 62 orang sangat antusias mempersembahkan penampilan terbaiknya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Asriadi Rijal
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News19 Juli 2024 10:18
PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) merilis Laporan Keberlanjutan 2023 dengan tema “Mining for Tomorrow: Sustaining Operations with Responsibility”...
Metropolitan18 Juli 2024 21:53
Danny Pomanto Globalkan Budaya Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja Lewat Event F8
SULSELSATU.com, JAKARTA – Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8 selalu menyajikan hal-hal baru setiap tahunnya. Kembali digela...
Video18 Juli 2024 21:27
VIDEO: Kebakaran Alang-Alang di Pintu 1 Kampus Unhas
SULSELSATU.com – Alang-alang di pintu 1 Kampus Universitas Hasanuddin terbakar pada Kamis (18/7/2024) malam. Video kebakaran alang-alang tersebu...
Metropolitan18 Juli 2024 20:23
Perkuat Identitas Budaya Lokal, TP PKK Kota Makassar Sosialisasi Tata Cara Berbusana Daerah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TP PKK Kota Makassar menggelar sosialisasi tata cara berbusana daerah yang benar berbasis kearifan lokal. Kegiatan in...