Logo Sulselsatu

Deretan Petahana DPRD Makassar Terancam Tumbang di Pileg 2024

Asrul
Asrul

Minggu, 25 Februari 2024 15:44

DPRD Makassar. (Foto: Ist)
DPRD Makassar. (Foto: Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hasil Rekaliputasi sementara masuk di real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperlihatkan hasil wajah baru akan mendominasi duduk di kursi DPRD kota Makassar, periode 2024-2029.

Dari hasil RC dan hasil plano C1 sebagian caleg dari masing-masing parpol di kota Makassar, untuk saat ini partai Golkar dan NasDem berada di puncak. Hanya saja, suara tertinggi masih diraih Golkar.

Untuk caleg, dari 50 wajah lama, sedikitnya 7 orang tidak mencalonkan lagi di DPRD kota melainkan memilih naik kelas. Data saat ini, dari 43 petahana hanya sebagian yang terpilih.

Baca Juga : Legislator Makassar Gerah Persoalan Air Bersih Warga Barombong Tak Pernah Jadi Prioritas

Sebagaian besar tumbang, termasuk 2 wakil Ketua DPRD Makassar yakni dari Demokrat Adi Rasyid Ali dan Golkar Andi Nurhaldin Nurdin Halid.

Dari data 50 caleg berpotensi duduk kembali, hanya 22 petahana dari 43 yang maju mencaleg 2024 bersama ratusan pendatang baru.

Berdasarkan update real count KPU hingga Jumat 23 siang, progres 2060 dari 4004 TPS (51,45 persen). Untuk hasil perolehan suara partai saat ini Golkar memimpin dengan 40.603 suara. Disusul NasDem 38.810 suara, PKS 32.331 suara dan Gerindra 30.042 suara.

Baca Juga : Seluruh Fraksi DPRD Kota Makassar Setujui Ranperda KLA Jadi Perda

Sedangkan untuk Caleg dengan suara terbanyak yakni Supratman dari Dapil 4 dengan 5.891 suara. Di posisi kedua masih dari dapil yang sama dan juga Caleg NasDem Jufri Pabe dengan 5.495 suara.

Posisi berikutnya yakni pendatang baru Muhammad Yulianto Badwi dari Golkar meraih suara terbanyak di Dapil 2 dengan 4.948 suara.

Untuk pertama kalinya Muhammad Yulianto Badwi maju pada Pileg DPRD Makassar, ia merupakan suami dari Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika.

Baca Juga : Cerita Mario David Awal Mula Terjun ke Politik Hingga Jadi Anggota DPRD Makassar

Selanjutnya dari Dapil 4 yakni Caleg Golkar Eshin Usami Nur Rahman dari Partai Golkar dengan 4.896 suara. Eshin Usami Nur Rahman merupakan pendatang baru, anak dari Politisi Senior Golkar Sulsel Rahman Pina.

Lalu di Dapil 1 ada Caleg PKB Fahrizal Arrahman Husain 4.498 suara, dia adalah anak Rektor UNM saat ini.

Lainnya yakni Bendahara DPD II Golkar Makassar Ismail dapil 2, dari partai Golkar meraih 3.612 suara.

Baca Juga : Anggota DPRD Makassar Yeni Rahman Harap Semangat Belajar Kartini Bisa Diteladani

Merespon itu. Reskiyanti Direktur Riset dan Data Lembaga Insert Institute menilai, ada banyak faktor yang membuat petahana bergeser dari tahtah kursi palemen.

“Misalnya karena ketidakpuasan masyarakat pemilih terhadap kinerja petahana, juga aspirasi belum diperjuangkan dengan baik,” jelasnya, Minggu (25/2/2024).

Selain itu, kata dia. Karisma dan reputasi figur baru yang lebih dianggap membawa angin segar terhadap kepentingan pemilih.

Baca Juga : Appi Kunjungi Markas PKB Makassar Bukti Keseriusan Berkoalisi di Pilwali

“Apalagi saat ini figur baru melakukan kampanye yang efektif dan berhasil membangun citra postif melalui medsos,” tuturnya.

Menurutnya, jika persoalan modal ekonomi berupa finansial, rasanya semua caleg yang mau dapat kursi sudah pasti menyiapkan modal ekonomi cukup untuk cost politik.

“Sehingga modal ekonomi bukanlah penentu seseorang bisa terpilih menjadi anggota legislatif,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News12 Mei 2024 21:21
Pj Gubernur Sulsel Pastikan Pembangunan Stadion Sudiang Telah Dianggarkan di APBN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pembangunan Stadion Sudiang telah resmi dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penjabat Gubern...
Makassar12 Mei 2024 20:44
Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Pj Gubernur: Luruskan Niat Hanya untuk Beribadah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam suasana yang penuh haru dan semangat, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, resmi melepas Cal...
Politik12 Mei 2024 20:32
Rakhmat Kasim Bertemu Rahmat Masri Bandaso di Jakarta, Potensi Berpaket di Pilwali Palopo
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinamika politik menjelang Pilwali di Kota Palopo semakin meningkat. Setelah beberapa bakal calon telah memasang atri...
OPD12 Mei 2024 20:10
Cicu Atensi Khusus Jalan Hertasning, Minta Pemprov Segera Lakukan Perbaikan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Belum lama ini ruas jalan yang berada di Letjend Hertasning Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali memakan k...