Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Segera Terapkan MPP Berbasis Digital

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 08 Maret 2024 19:01

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang hadir dalam peresmian MPP secara nasional di Jakarta. Foto: Istimewa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang hadir dalam peresmian MPP secara nasional di Jakarta. Foto: Istimewa

SUSLELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menghadiri peresmian bersama Mal Pelayanan Publik (MPP) yang diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Ia mengatakan, MPP Gowa saat ini telah beroperasi sejak dilakukan Soft Launching pada (26/2/2024) lalu. MPP tersebut sebuah komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat lebih mudah dan terjangkau.

“Setelah Soft Launching akhir Februari lalu, hari ini kami menghadiri peresmian secara serentak MPP kabupaten/kota se-Indonesia termasuk
Kabupaten Gowa, dimana ada 16 kabupaten/kota yang diresmikan oleh Bapak Menpan RB,” ungkapnya.

Baca Juga : Pj Sekda Gowa Dorong Masyarakat Tingkatkan Penguasaan Teknologi di Momen Peringatan Harkitnas

Ia berharap MPP Kabupaten Gowa akan menjadi solusi terbaik dalam memberikan pelayanan publik yang maksimal, nyaman dan mudah untuk masyarakat. Terlebih saat ini telah dilakukan penandatangan komitmen MPP berbasis digital yang nantinya juga akan diterapkan di Kabupaten Gowa.

“Saat ini kita telah mengakomodir sebanyak 147 jenis layanan yang tersebar di SKPD, BUMD, BUMN dan instansi vertikal. Insya Allah dalam waktu dekat akan mengaplikasikan dalam bentuk berbasis digital sesuai arahan pak Menpan RB,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gowa (DPM-PTSP) Indra Setiawan Abbas mengaku terkait penerapan MPP berbasis digital, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kemenpan RB dalam penggunaan aplikasi atau portal yang nantinya digunakan pada MPP Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Bupati Gowa Buka Musda Badko HMI Sulselbar VII, Apresiasi Semangat Kader HMI Sambut Indonesia Emas

“Ini akan segera kita tindaklanjuti dan akan berkoordinasi lebih lanjut oleh Kemenpan RB terkait aplikasi atau portalnya, karena pak bupati sudah menadatangani komitmen MPP berbasis digital itu, jadi untuk targetnya kita akan lihat dulu bentuk aplikasinya seperti apa dan mungkin aplikasi ini dari Kemenpan RB yang akan diadopsi di Kabupaten. Intinya kita akan tindaklanjuti secepatnya dan mempelajari portal atau aplikasinya untuk segera diterapkan di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut 16 MPP yang diresmikan yakni MPP di Kota Medan, Kabupaten Siak, Kabupaten Seluma, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bangka, Kabupaten Mesuji, Kota Sukabumi, Kabupaten Banjarnegara, Kota Tegal, Kota Probolinggo, Kabupaten Katingan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kota Banjarmasin, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Wonosobo.

Pada kesempatan itu, terdapat 60 kepala daerah yang juga menyatakan komitmen peningkatan penerapan pengelolaan MPP Digital dimana tiga kabupaten/kota diantaranya turut meresmikan MPPnya secara serentak. Apresiasi juga disampaikan Menteri Anas kepada para kepala daerah yang telah menghadirkan MPP dan MPP Digital.

Baca Juga : Pemkab Gowa dan Bulog Salurkan 54.800 Kg Beras di Kecamatan Somba Opu

“Ini ada 216 MPP (MPP dan MPPD), sekali lagi tepuk tangan buat teman-teman yang punya komitmen MPP, karna dari 508 kabupaten/kota ini baru 216, berarti Bapak/Ibu memiliki komitmen yang sangat tinggi dan hari ini yang kita resmikan ada 16,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...