Logo Sulselsatu

Tim Penilai PPD 2024 Sebut Program SDM Seperempat Abad Sangat Inovatif

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 27 Maret 2024 18:03

Tim Penilai PPD 2024 saat mengunjungi UMKM binaan Pemkab Gowa. Foto: Istimewa
Tim Penilai PPD 2024 saat mengunjungi UMKM binaan Pemkab Gowa. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendampingi Tim Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (KemenPPN/Bappenas) melakukan verifikasi lapangan pada tujuh titik lokus, Selasa (26/3/2024).

Salah satu Tim Penilai Utama Budi Hidayat mengatakan, cukup terkesan dengan beberapa sektor yang dipantaunya bersama tim. Terlebih pada sektor pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Program Investasi SDM Seperempat abad dan juga Program Mahasantri.

Menurutnya, program tersebut sangat inovatif bahkan lebih kepada futuristik, yang mana pemikiran dari kepala daerah khususnya di Gowa sudah sangat jauh ke depan demi kesejahteraan masyarakat Gowa. Bahkan menurutnya program tersebut perlu dicontoh oleh daerah lainnya.

Baca Juga : Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua

“Semua yang kami kunjungi hari ini sangat menarik dan tentunya sangat inovatif, karena banyak hal yang kami lihat, terutama pada program pengembangan SDM-nya. Jadi saya pikir sangat inovatif, mungkin saya katakan bukan inovatif ya tapi lebih ke pada futuristik, jadi lebih pemikirannya jauh ke depan dan ini inilah yang perlu dicontoh nanti buat daerah lainnya,” kata Budi.

Sementara dari segi UMKM diakui Budi sudah sangat bagus. Menurutnya
dari segi harga sangat kompetitif, apalagi hadirnya gerai UMKM dan juga Rumah Produktif menurutnya sangat membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan produknya.

Bahkan peran dokter UMKM pun dinilainya sangat membantu untuk mensosialisasikan bahkan membantu dalam mengembangkan produk serta pemanfaatan sosial media diharapkan bisa membantu sistem pemasaran produk UMKM yang ada.

Baca Juga : Pemkab Gowa Open House Idulfitri 1445 H, Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah

“Kami merasa UMKM-nya sudah sangat bagus, bahkan harga yang dipatok pun sangat kompetitif, tersisa dari segi kemasannya agar lebih dibuat semenarik mungkin agar para konsumen lebih tertarik lagi, itu juga sebagai upaya meningkatkan daya beli masyarakat,” tuturnya.

Terkait Mal Pelayanan Publik, diakui Budi sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat. Bahkan mempermudah akses masyarakat yang datang hingga ramah disabilitas.

“Saya lihat menarik, tampak ada kemudahan, orang datang sudah langsung kesini, habis disini, pindah ke sana, enggak usah jauh-jauh, mau bayar sudah langsung ke loket pembayaran, tapi mungkin suatu saat bisa dikembangkan dengan sistem online, jadi bagi mereka yang mau membayar PDAM atau pajak lainnya sudah melakukan pendaftaran via online, jadi ketika datang hanya menunggu antrian saja, jadi mempercepat proses,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Akan Berangkatkan 10 Mahasantri Berprestasi ke Tanah Suci Mekkah untuk Umrah

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Sujjadan mengatakan, pada kunjungan lapangan ini, para tim penilai beserta jajaran SKPD sudah mengunjungi beberapa lokasi dari Rumah Produktif. Termasuk para penerima manfaat dari inovasi Rumah Produktif hingga Rumah Tahfidz di Kecamatan Bajeng.

“Yang pertama kita kunjungi yaitu pelayanan Rumah Produktif yang diintegrasikan di Mal Pelayanan Publik. Alhamdulillah, kesan yang kami lihat dari tim penilai bahwa ini sudah baik, tentu kita juga berharap hasilnya juga baik karena terverifikasi di lapangan secara faktual bahwa rumah produktif ini berjalan pelayanannya,” kata Sujjadan.

Lanjutnya, Sujjadan bersama tim penilai juga mengunjungi Lembaga Pendidikan Mahasantri di Kecamatan Bajeng.

Baca Juga : ASN Pemkab Gowa Tekankan Komitmen Netralitas Tidak Terjun Dalam Sirkulasi Politik

Dijelaskan, yang mana sesuai program unggulan Pemkab Gowa yakni investasi SDM Seperempat Abad terkonfirmasi di lapangan bahwa beasiswa penuh yang di berikan ini sangat bermanfaat dalam mengurangi beban pengeluaran masyarakat.

Sekaligus, meningkatkan kelanjutan pendidikan dari siswa baik yang pra-sejahtera maupun yang berprestasi dengan beberapa program.

“Programnya ada satu desa/kelurahan, satu sarjana, satu desa/kelurahan satu hafidz, ada juga beasiswa khusus Mahasantri yang dipusatkan di Bajeng melalui kerjasama dengan UIN Alauddin Makassar. Dimana lulusan dari mereka nantinya sudah menjadi hafidz 30 juz sekaligus sarjana agama,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Perkuat Peran Baznas Salurkan Zakat kepada Masyarakat

Diharapkan peningkatan kualitas SDM ini selain bisa meningkatkan rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah yang berkontribusi pada indeks pembangunan manusia.

Kualitas hidup manusia di Kabupaten Gowa juga semakin meningkat, khususnya dalam rangka penyiapan SDM Indonesia emas 2045, dengan tag line Dari Gowa Untuk Indonesia.

Sujjadan berharap, hasil penilaian verifikasi faktual ini, ditambah dengan hasil wawancara kemarin, baik dengan stakeholderw perencana melalui paparan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan secara komprehensif dan bagus, diharapkan ini bisa memberikan hasil yang terbaik.

“Saat ini kita sudah pada posisi 10 besar di tingkat nasional, kita berharap bisa melampaui prestasi kita tahun lalu di mana kita berada pada peringkat 4 nasional, kita berharap tahun ini bisa lebih baik lagi minimal 3 besar, dan kita berharap mudah-mudahan bisa menjadi yang terbaik di Indonesia,” harapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik12 April 2024 22:32
Maipa Rahmat Dukung Indira Jusuf Ismail Maju di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Maipa Rahmat atau (Mama Inspirator Perjuangan Rachmat) menggelar acara Halal Bihalal bersama ratusan emak-emak yang d...
Politik12 April 2024 21:28
Kembali Terpilih Jadi Anggota DPRD Sulsel, Rezki Mulfiati Gelar Pengajian dan Syukuran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Rezki Mulfiati Lutfi (RML) melaksanakan pengajian dan syukuran dengan mengundang keluar...
Sulsel12 April 2024 20:11
Muhammad Fauzi Sukseskan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi, Sumbang Hadiah Puluhan Juta
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi turut mensukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan y...
Sulsel12 April 2024 19:31
Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali mengadakan open hpuse dalam rangka merayakan Hari Idulfitri 1445 Hijriah. Di hari kedua ini, Pemkab Gowa me...