Logo Sulselsatu

Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 28 Maret 2024 22:02

Wakil Bupati Gowa H Abd. Rauf Malaganni. Foot: Istimewa.
Wakil Bupati Gowa H Abd. Rauf Malaganni. Foot: Istimewa.

SULSELSATU.com, GOWA – Wakil Bupati Gowa H Abd. Rauf Malaganni menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa.

Wabup Gowa mengatakan, LKPj Bupati Gowa Tahun 2023 merupakan pertanggung jawaban tahun kedua RPJMD Kabupaten Gowa Tahun 2021-2026 yang tertuang dalam rencana kerja pemerintah Kabupaten Gowa Tahun 2023.

“Dalam dokumen ini memuat laporan tahun 2023 terdiri dari lima bab, yaitu pendahuluan, penjabaran APBD, penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, dan capaian kinerja pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan serta penutup,” ungkap saat penyerahan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Gowa, Kamis(28/3/2024).

Baca Juga : Bupati Adnan Beri Hadiah Umrah Bagi ASN yang Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan

Lanjutnya, secara umum keberhasilan pemerintah Kabupaten Gowa ditunjukkan melalui meningkatnya pertumbuhan ekonominya.

Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,59 persen.

“Angka ini menempatkan Kabupaten Gowa sebagai kabupaten yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbaik kedua di Sulawesi Selatan,” katanya.

Baca Juga : Wakil Bupati Gowa Lepas Peserta Jalan Santai IKA SMP Muhammadiyah

Tak hanya itu, Indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Gowa naik dari 72,44 poin tahun 2022 menjadi 73,01 poin pada tahun 2023.

“Hal ini mengindikasikan upaya kita dalam peningkatan kualitas hidup manusia semakin baik dan nyata,” tutur karaeng kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Dikesempatan ini, Wakil Bupati Gowa mengungkapkan terimakasihnya kepada DPRD Kabupaten Gowa yang telah menjalin kerjasama yang baik dan menjaga sinergitas tetap terjalin antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan DPRD Gowa.

Baca Juga : Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua

Sementara Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin mengatakan setelah penyerahan ini, Panitia Khusus DPRD setelah itu akan diberikan kesimpulan terkait LKPj Bupati Gowa tersebut.

“Kita akan bahas dulu bersama Pansus dalam waktu yang tidak lama karena setelah penyerahan ini kita hanya bisa membahas paling lama 30 hari,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 April 2024 16:09
VIDEO: Viral, Aksi Pencurian terjadi di Burau Luwu Timur
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan rekaman CCTV aksi pencurian kotak amal masjid. Kejadian ini terjadi di Masjid Al Muhaijirin, Desa B...
Sulsel16 April 2024 16:01
Bupati Adnan Beri Hadiah Umrah Bagi ASN yang Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan
Pemkab Gowa kembali memberikan penghargaan umrah bagi sebelas ASN yang melakukan khatam Al-Qur'an sebanyak lima kali atau lebih karena mampu memaksima...
Makassar16 April 2024 15:20
Danny Pomanto Tekankan Pembangunan Infrastruktur dan Penguatan Branding Makassar Kota Makan Enak Segara Tuntas
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengarahkan seluruh jajaran OPD agar makin profesional dalam menuntaskan program Pemkot Makassar....
Hukum16 April 2024 12:38
Hadiri Apel Pagi Pasca Libur Lebaran dan Halal Bihalal, Menkumham Dorong Jajarannya Implementasikan Agenda Strategis Nasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti Apel Pagi Pasca Libur Leb...