Logo Sulselsatu

Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 28 Maret 2024 13:19

Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni. Foto: Istimewa
Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten, di Baruga Tinggimae Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (27/3/2024).

Ia mengatakan, perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini.

“Apa yang kita kerjakan tahun ini akan memberi pondasi bagi tahun yang akan datang. Untuk itu, langkah tepat yang harus ditempuh demi menghasilkan perencanaan yang baik adalah dengan senantiasa melakukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan perencanaan, serta senantiasa melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam perumusan substansi,” ungkapnya.

Baca Juga : Wakil Bupati Gowa Lepas Peserta Jalan Santai IKA SMP Muhammadiyah

Lanjutnya, 2025 adalah tahun ke empat bagi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa 2021-2026.

Dengan visi terwujudnya masyarakat unggul dan tangguh dengan tata kelola pemerintahan terbaik, di harapkan penyusunan rencana kerja pemerintah lebih terintegratif dan mampu menjawab permasalahan serta tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

“Melalui forum ini saya harapkan dapat menghimpun aspirasi masyarakat terhadap prioritas sasaran dan program pembangunan daerah. Sehingga nantinya dapat diperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan,” harap Kr Kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Baca Juga : Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua

Selain itu, momentum ini menjadi momen yang sangat berharga dalam merumuskan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat kita.

Sesuai tema pembangunan tahun 2025 ‘Peningkatan Kuqlitas Hidup Masyarakat yang Produktif dan Berkarakter’, Kabupaten Gowa dengan segala potensinya memiliki peluang besar menjadi daerah yang berdaya saing tinggi dan masyarakatnya yang sejahterah.

“Hal ini tidaklah mudah, ini membutuhkan kerja keras, kesungguhan dan kerja sama yang solid dari semua pihak yang terlibat,” tambahnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Open House Idulfitri 1445 H, Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sujjadan menyampaikan, musrenbang yang kita laksanakan saat ini merupakan acara puncak dari rangkaian forum dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan.

“Tujuan pelaksanaan acara Musrembang ini adalah untuk menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas perangkat daerah Kabupaten Gowa tahun 2025,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya melaporkan bahwa sampai dengan 18 Maret 2024 kegiatan yang diusulkan untuk Didanai APBD Kabupaten Gowa tahun 2025 melalui aplikasi SIPD RI terhimpun sebanyak 3192.

Baca Juga : Pemkab Gowa Akan Berangkatkan 10 Mahasantri Berprestasi ke Tanah Suci Mekkah untuk Umrah

“Usulan kegiatan yang diusulkan masyarakat desa dan kelurahan sebanyak 2973 usulan, dan kegiatan serta pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Gowa sebanyak 219 usulan kegiatan,” ungkapnya.

Musrenbang ini turut dihadiri Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa serta turut dilakukan penandatanganan berita acara terkait komitmen bersama pelaksanaan Musrenbang RKPD.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum16 April 2024 12:38
Hadiri Apel Pagi Pasca Libur Lebaran dan Halal Bihalal, Menkumham Dorong Jajarannya Implementasikan Agenda Strategis Nasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti Apel Pagi Pasca Libur Leb...
News16 April 2024 10:34
Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Bagi Pemudik Gratis Kembali Ke Makassar
PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menyediakan bus untuk 300 pemudik gratis balik ke Makassar ...
Hukum16 April 2024 09:29
Pimpin Apel Pagi Perdana Pasca Cuti Lebaran, Kakanwil Liberti Kembali Ajak Pegawai Bekerja Dengan Tata Nilai PASTI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) Liberti Sitinjak menyampaika...
Politik15 April 2024 23:23
Rusdi Masse Gagas NasDem Mendengar, Minta Wejangan Lintas Akademisi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse (RMS) kembali menginisiasi sebuah gerakan baru sebagai partai politik modern, set...