Logo Sulselsatu

Pasar Ramadan Pakai QRIS BRI, Transaksi Cepat dan Mudahkan Pengguna

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 31 Maret 2024 14:09

Salmia saat membeli baby cumi Atte Kitchen menggunakan QRIS BRImo di Pasar Ramadan Mulo. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.
Salmia saat membeli baby cumi Atte Kitchen menggunakan QRIS BRImo di Pasar Ramadan Mulo. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.

SULSELSATU.com, MAKASSARQRIS dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBk atau BRI memenuhi Pasar Ramadan Mulo di Gedung Mulo Makassar. Tawarkan transaksi cepat tanpa ribet, bagi merchant maupun pengguna.

Atte Kitchen adalah salah satu UMKM di Pasar Ramadan Mulo yang merasakan transaksi mudah dan cepat dengan QRIS merchant dari BRI.

Fadil selaku Owner Atte Kitchen mengatakan, pakai QRIS dari BRI selama Pasar Ramadan Mulo ini selalu bisa cepat. Tidak lama.

Baca Juga : Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran

“Pakai QRIS bisa sat set sat set. Tidak pusing lagi cari uang kembali, tidak pegang uang cash lagi,” jelas Fadil saat ditemui di Pasar Ramadan Mulo, Sabtu (30/3/2024).

Fadil menilai, pakai QRIS selalu bisa transaksi dengan cepat. Dalam sehari, transaksi pakai QRIS bisa sampai 50 transaksi, bahkan lebih.

Hal yang paling Fadil apresiasi dari menggunakan QRIS merchant BRI adalah rekapan transaksi yang cepat. Tidak menunggu sampai 24 jam.

Baca Juga : Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Pakai QRIS BRI ini bagusnya karena dana langsung masuk. Masuknya secara bertahap tapi tidak sampai menunggu H+1. Jika butuh dana cepat, bisa langsung digunakan,” kata Fadil.

Kelebihan ini yang kadang tidak dimiliki QRIS bank lainnya. Fadil mengaku, bahkan ada yang dana transaksinya mengendap dulu baru masuk rekening merchant.

“Ada QRIS bank lain yang harus menunggu H+1 dulu baru dananya masuk. Kesulitan jika butuh dana cepat karena lama dilihat total transaksinya,” ujarnya.

Baca Juga : 796 Ribu AgenBRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Masyarakat Selama Libur Lebaran

Hal yang sama dirasakan juga UMKM Es Teler Tanah Abang. Pakai QRIS BRI selalu cepat, sekalinya konsumen scan, notifikasi di aplikasi BRImo juga sudah ada.

“Cepat masuknya pakai QRIS ini (merchant Brimo). Masuk uangnya bertahap. Jadi biasanya transaksi pagi, dana totalnya masuk siang. Kalau dalam sehari, rekapan transaksi masuk itu bisa tiga kali,” jelas Owner Es Teler Tanah Abang Usmar.

Dalam sehari di Pasar Ramadan Mulo, Usmar mengaku paling banyak mendapati transaksi pakai QRIS. 60 persen pakai QRIS dan 40 persen sisanya ada juga yang pakai tunai.

Baca Juga : Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Tidak hanya merchant yang merasakan kemudahan pakai QRIS dari BRI. Salah satu pengunjung, Salmia juga mengaku tidak khawatir jika ke Pasar Ramadan tanpa bawa uang tunai.

Salmia mengatakan, hanya dengan bawa handphone tidak perlu khawatir lagi. Transaksi bisa dengan mudah dan cepat. Pakai BRImo bisa lebih mudah untuk mau transaksi apa saja.

“Saya pakai BRImo untuk berbagai macam keperluan. Tarik tunai, beli sesuatu, bayar listrik, beli pulsa, banyak lainnya. Meski tidak ada uang tunai tetap tenang,” kata Salmia yang ditemui saat berkunjung ke Pasar Ramadan Mulo.

Baca Juga : Pastikan Layanan Perbankan Berjalan Optimal, Direktur BRI Tinjau Langsung Operasional Layanan Libur Lebaran

BRI terus memutakhirkan tampilan dari super apps BRImo miliknya. Disesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang semakin banyak. Termutakhir, hadir BRImo dengan tampilan baru berisikan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Selain kecepatan yang terus ditingkatkan, pengelompokan fitur yang lebih mudah dengan berdasarkan kebutuhan.

Adapun fitur andalan yang ada di tampilan baru tersebut di antaranya, Catatan Keuangan, Transfer, BRI Virtual Account (BRIVA), Pembelian Pulsa/Data, Beli Investasi Unggulan, dll. Dan, pengguna juga bisa langsung mencari fitur berdasarkan kata kuncinya (keyword).

Tercatat sepanjang 2023 volume transaksi merchant QRIS BRI mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 400 persen.

Regional CEO BRI Makassar Hendra Winata menjelaskan, untuk membantu kemudahaan transaksi kami mempunyai layanan EDC merchant android dilengkapi aplikasi BRI merchant untuk kemudahan monitoring transaksi.

QRIS BRI dapat menerima pembayaran dari BRImo BRI, Mobile Banking Bank Lain dan Dompet Digital,” jelas Hendra.

Sebagai wujud support BRI kepada merchant, BRI menghadirkan program berupa Special MDR, program cicilan 0 persen untuk merchant elektronik, program Reward Kasir dan juga program diskon 30 persen di puluhan merchant kategori food & beverage dan groceries di Kota Makassar.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, hal ini menunjukkan penggunaan QRIS semakin diminati masyarakat karena lebih mudah dan cepat.

“Jumlah merchant QRIS BRI telah mencapai 3,7 juta atau tumbuh 30 persen year-on-year (yoy) seiring dengan akuisisi merchant QRIS BRI yang dilakukan secara masif. Pada tahun ini, akuisisi merchant QRIS BRI diproyeksikan mengalami pertumbuhan 20 persen yoy dengan volume transaksi diproyeksikan tumbuh sekitar 18 persen yoy,” kata Andrijanto dalam rilis resminya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik12 April 2024 22:32
Maipa Rahmat Dukung Indira Jusuf Ismail Maju di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Maipa Rahmat atau (Mama Inspirator Perjuangan Rachmat) menggelar acara Halal Bihalal bersama ratusan emak-emak yang d...
Politik12 April 2024 21:28
Kembali Terpilih Jadi Anggota DPRD Sulsel, Rezki Mulfiati Gelar Pengajian dan Syukuran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Rezki Mulfiati Lutfi (RML) melaksanakan pengajian dan syukuran dengan mengundang keluar...
Sulsel12 April 2024 20:11
Muhammad Fauzi Sukseskan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi, Sumbang Hadiah Puluhan Juta
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi turut mensukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan y...
Sulsel12 April 2024 19:31
Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali mengadakan open hpuse dalam rangka merayakan Hari Idulfitri 1445 Hijriah. Di hari kedua ini, Pemkab Gowa me...