Logo Sulselsatu

Bastian Lubis Dorong Perpres Pembangunan Ibu Kota Kaltara

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 02 April 2024 21:01

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gibran Center Kalimantan Utara (Kaltara), Bastian Lubis, mendorong terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Pembangunan Ibu Kota Provinsi Kaltara.

Bastian menjelaskan Perpres tersebut diperlukan untuk memastikan bahwa pembangunan Ibu Kota Kaltara mendapatkan perhatian yang memadai dari pemerintah pusat.Apa lagi, Kaltara memiliki posisi yang strategis di pulau Kalimantan.

“Jadi melalui Gibran Center kami berupaya untuk mendorong perpres tersebut agar kembali mendapatkan perhatian pemerintah pusat.”ujar Bastian, Selasa (02/04/2024).

Lebih lanjut, Bastian mengaku, telah ada upaya dari pemerintah pusat melalui Inpres 9 tahun 2018 untuk memulai pembangunan Ibu Kota Provinsi Kaltara.

Namun, lanjut Bastian, realisasi dari Inpres tersebut tidak terjadi, mungkin disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang terjadi pada waktu itu.

“sudah ada upaya dari pemerintah pusat melalui Inpres 9 tahun 2018 untuk melakukan pembangunan Ibu Kota Provinsi Kaltara, namun terhenti pasca covid” ungkapnya.

Oleh karena itu, Bastian Lubis, yang juga menjabat sebagai Ketua TGUPP Pemprov Kaltara, berusaha untuk mengawal rencana pembangunan Ibu Kota Provinsi melalui jaringan di pusat.

Hal itu juga dilakukan agar pembangunan Ibu Kota Kaltara bisa berjalan sesuai rencana dan menjadi prioritas pembangunan nasional.

Selain itu, Bastian juga mengaku akan mengusulkan terbitnya Perpres percepatan pembangunan Ibu Kota Kalimantan Utara di Tanjung Palas sebagai daerah penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Ibu Kota Negara (IKN). “karena disana itu sekarang pembangunan untuk kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) besar sekali,” jelasnya.”pungkasnya.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik12 April 2024 22:32
Maipa Rahmat Dukung Indira Jusuf Ismail Maju di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Maipa Rahmat atau (Mama Inspirator Perjuangan Rachmat) menggelar acara Halal Bihalal bersama ratusan emak-emak yang d...
Politik12 April 2024 21:28
Kembali Terpilih Jadi Anggota DPRD Sulsel, Rezki Mulfiati Gelar Pengajian dan Syukuran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Rezki Mulfiati Lutfi (RML) melaksanakan pengajian dan syukuran dengan mengundang keluar...
Sulsel12 April 2024 20:11
Muhammad Fauzi Sukseskan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi, Sumbang Hadiah Puluhan Juta
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi turut mensukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan y...
Sulsel12 April 2024 19:31
Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali mengadakan open hpuse dalam rangka merayakan Hari Idulfitri 1445 Hijriah. Di hari kedua ini, Pemkab Gowa me...